Dukung Era Elektrifikasi, PLN Sediakan 4.900 Uit SPBKLU

Kompas.com - 15/07/2022, 17:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri dengan menyediakan 4.900 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) tahun ini.

Langkah tersebut juga sekaligus mendukung operasional Grab Indonesia yang kini sudah menggunakan 8.500 kendaraan listrik di total 8 provinsi, yang sebagian besar ialah sepeda motor.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa perseroan juga berkomitmen menyediakan fasilitas, mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk mengisi daya energi listrik kendaraannya agar ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

Baca juga: Grab Indonesia Punya 8.500 Unit Armada Kendaraan Listrik

Doc. PT PLN (Persero)Kiki Safitri Doc. PT PLN (Persero)

"Masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan listrik tidak usah khawatir nanti mengisi daya listriknya di mana kalau kehabisan daya di jalan. PLN sudah berkomitmen menyediakan fasilitas pengisian di berbagai tempat," kata Darmawan dalam siaran pers, Jumat (15/7/2022).

Darmawan mengungkapkan, khusus untuk pengguna kendaraan listrik roda dua PLN merencanakan pembangunan SPBKLU di seluruh wilayah secara bertahap.

Untuk tahun 2022 PLN merencanakan pengoperasian SPBKLU 4.900 unit dengan prediksi sebanyak 89.400 penguna kendaraan listrik roda dua dan 59.600 pengguna baterai swap.

Darmawan memastikan purna rupa atau prototype pertama SPBKLU sudah dapat digunakan di event E-mobility tanggal 24 Juli 2022.

"Jumlah SPBKLU akan terus bertambah, hingga 2030 direncanakan fasilitas ini akan mencapai 68.800 unit dengan prediksi jumlah pengguna kendaraan listrik roda dua mencapai 2,1 juta unit," ujarnya.

Baca juga: Mau Punya Mobil Double Cabin, Ingat Wajib Uji KIR

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

Menurut Darmawan, dengan adanya SPBKLU tersebut pengguna kendaraan listrik roda dua cukup menukarkan baterainya ke SPKBLU dan tidak perlu lagi menunggu pengisian daya listrik.

Hal ini menjadi salah satu bukti penggunaan kendaraan listrik lebih efisien di banding kendaraan berbahan bakar fosil.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.