Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dukung Era Elektrifikasi, PLN Sediakan 4.900 Uit SPBKLU

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) berkomitmen untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri dengan menyediakan 4.900 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) tahun ini.

Langkah tersebut juga sekaligus mendukung operasional Grab Indonesia yang kini sudah menggunakan 8.500 kendaraan listrik di total 8 provinsi, yang sebagian besar ialah sepeda motor.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa perseroan juga berkomitmen menyediakan fasilitas, mempermudah pengguna kendaraan listrik untuk mengisi daya energi listrik kendaraannya agar ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin masif.

"Masyarakat yang ingin menggunakan kendaraan listrik tidak usah khawatir nanti mengisi daya listriknya di mana kalau kehabisan daya di jalan. PLN sudah berkomitmen menyediakan fasilitas pengisian di berbagai tempat," kata Darmawan dalam siaran pers, Jumat (15/7/2022).

Darmawan mengungkapkan, khusus untuk pengguna kendaraan listrik roda dua PLN merencanakan pembangunan SPBKLU di seluruh wilayah secara bertahap.

Untuk tahun 2022 PLN merencanakan pengoperasian SPBKLU 4.900 unit dengan prediksi sebanyak 89.400 penguna kendaraan listrik roda dua dan 59.600 pengguna baterai swap.

Darmawan memastikan purna rupa atau prototype pertama SPBKLU sudah dapat digunakan di event E-mobility tanggal 24 Juli 2022.

"Jumlah SPBKLU akan terus bertambah, hingga 2030 direncanakan fasilitas ini akan mencapai 68.800 unit dengan prediksi jumlah pengguna kendaraan listrik roda dua mencapai 2,1 juta unit," ujarnya.

Menurut Darmawan, dengan adanya SPBKLU tersebut pengguna kendaraan listrik roda dua cukup menukarkan baterainya ke SPKBLU dan tidak perlu lagi menunggu pengisian daya listrik.

Hal ini menjadi salah satu bukti penggunaan kendaraan listrik lebih efisien di banding kendaraan berbahan bakar fosil.

"Jadi konsepnya sangat mudah, pengguna motor listrik cukup datang ke SPBKLU lalu menukarkan baterai dengan yang dayanya sudah terisi penuh dan siap untuk digunakan," jelas Darmawan.

Ia menuturkan, untuk mempercepat pembangunan SPBKLU PLN membuka peluang kerja sama dengan pihak swasta. Hal ini pun jadi kesempatan untuk membuka usaha baru.

Dalam kerja sama tersebut, calon mitra dapat berperan sebagai penyedia fasilitas isi daya kendaraan listrik, penyedia lahan maupun properti, serta penyedia operasional dan pemeliharaan SPBKLU.

"Kami ingin membuat ekosistem kendaraan listrik ini tumbuh. Kami terbuka untuk bekerja sama dengan pengusaha yang tertarik," ujarnya.

Untuk SPBKLU, saat ini sudah ada kerja sama antara PLN dengan Swap dan Volta. Jumlah terkait akan terus berkembang mengingat masih ada proses kerjasama dalam tahap finalisasi.

PLN juga sudah membangun fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile guna memudahkan pengguna kendaraan listrik. Melalui fitur tersebut, pengguna kendaraan listrik tinggal klik icon swab baterai untuk mengetahui lokasi SPBKLU terdekat, jumlah baterai yang tersedia dan petunjuk arah menuju lokasi SPBKLU.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/15/170100015/dukung-era-elektrifikasi-pln-sediakan-4.900-uit-spbklu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke