Kompas.com - 11/07/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Selain tekanan udara, indikator ban tetap aman digunakan adalah dari ketebalan alur permukaannya. 

Ban yang sudah botak sangat membahayakan, terlebih lagi jika digunakan pada kecepatan tinggi seperti di jalan tol.  

Yahya Pambudi, Owner Budi Velg mengatakan, mengendarai mobil dengan ban yang sudah botak atau aus, memiliki risiko yang sangat tinggi. 

Baca juga: Cara Singkat Cek Ketebalan Kampas Rem Tromol Mobil

Ilustrasi ban mobil.Dok. Shutterstock Ilustrasi ban mobil.

"Daya cengkram ban berkurang dan kualitas kompon karet ban yang getas bisa jadi penyebab pecah ban," ucap Budi kepada Kompas.com, Sabtu (9/7/2022). 

Yahya menjelaskan, ban yang sudah tak layak pakai, juga berisiko pecah lantaran benang atau kawat yang putus. Bagian dinding biasanya paling riskan sobek atau benjol. 

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Teguh Dwi Harianto menjelaskan, indikator kelayakan ban dapat dilihat dari ketebalan alur. Sesuai rekomendasi pabrikan kedalaman alur minimal ban yang aman di angka 1,6 mm. 

Baca juga: Harga Pertalite, Pertamax, dan Solar per Juli 2022

ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022janlika putri ban mobil produk Avia Pratama Tiara di IIMS Hybrid 2022

"Tapak luar, di ukur dari dalamnya alur sampai ke tapak ban. Batas aman untuk tetap digunakan tidak lebih 1,6 mm," kata Teguh. 

Dia mengatakan, ban mobil jarang digunakan, otomatis tingkat elastisitas karetnya juga tetap harus di perhatikan. 

"Layak atau tidak bisa dilihat dari kekerasan karet kompon ban. Karet yang mengeras karena jarang digunakan jalan bisa jadi benang dinding samping ban ada yang putus," tambahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.