Kompas.com - 09/07/2022, 16:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemprov DKI Jakarta akan lakukan pengaturan lalu lintas dan menyiapkan armada transportasi public untuk agenda salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Minggu (10/7/2022).

Aturan tersebut guna mempermudah dan kenyamanan mobilitas masyarakat menuju dan dari JIS. Sebagai informasi, jam operasional Shuttle bus akan beroperasi mulai pukul 04.30 – 10.00 WIB. Penjemputan kepulangan jemaah dengan shuttle bus dilakukan melalui Zona Selatan JIS (Pintu 5).

Baca juga: Alasan Kenapa Motor Injeksi Tak Perlu Lama-lama Dipanaskan

Armada Transjakarta mengoperasikan armada bus layanan reguler menuju JIS dari lokasi keberangkatan sejak pukul 05.00 WIB berikut ini :

1. Transjakarta JIS 014 (Senen – JIS)
2. Transjakarta JIS 003 (Harmoni – JIS)
3. Non BRT 10K (Tanjung Priok – Senen via Taman BMW)
4. JAK 77 (Tanjung Priok – Jembatan Hitam)

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga akan menerapkan pembatasan lalu lintas umum menuju JIS pada pukul 04.30 – 10.00 WIB pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan rute kedatangan atau kepulangan di JIS, serta mengatur sirkulasi kendaraan yang masuk atau keluar maupun transportasi publik.

“Kami sudah menyiapkan petugas untuk pengaturan parkir dan drop off, baik itu di dalam area stadion ataupun di luar stadion,” katanya dikutip dari ntmcpolri.info, Sabtu (9/7/2022).

Perlu diketahui, di dalam tempat parkir tersebut tidak disediakan shuttle bus menuju JIS dan sebaliknya (PP).

Ribuan masyarakat menghadiri Festival Beduk dalam rangka menyambut malam Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Minggu (1/5/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Ribuan masyarakat menghadiri Festival Beduk dalam rangka menyambut malam Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada Minggu (1/5/2022).

 

Selanjutnya, terdapat 5 kantong parkir di sekitar JIS yang akan dilayani oleh shuttle bus sekolah yang berada di beberapa tempat yakni di RSPI Soeroso, Universitas 17 Agustus 45, Graha YKI, D’Arcici Hotel dan Ruko Sunter Nirwana.

Selain itu, disiapkan lokasi parkir yang bersifat opsional (tambahan) yang akan dilayani oleh shuttle bus Transjakarta, yakni di Ancol Karnaval dan C3 (belakang rusun Bandar Kemayoran).

Baca juga: Saat Motor Matik Mulai Brebet dan Hilang Tenaga, Cek Kondisi TPS

“Diharapkan masyarakat menyesuaikan waktu perjalanan agar bisa sampai di lokasi tepat waktu. Syarat yang sama juga berlaku setelah acara selesai untuk kepulangan kembali ke lokasi-lokasi parkir,” kata Liputo. 

Di sisi lain, Liputo mengimbau masyarakat untuk mematuhi arahan petugas yang nantinya akan memberikan petunjuk.

“Jadi dimohon untuk tidak memarkirkan kendaraan di sembarang tempat untuk kelancaran perjalanan bersama,” kata Liputo.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.