Cara Singkat Cek Ketebalan Kampas Rem Tromol Mobil

Kompas.com - 09/07/2022, 17:31 WIB

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski sudah modern, namun tak semua mobil sudah mengadopsi sistem pengereman disc brake. Sampai saat ini, masih ada yang tetap menggunakan rem teromol, terutama untuk bagian belakang.

Secara cara kerja, jelas berbeda. Rem tromol menggunakan silinder yang berputar dengan sepatu rem dipasang di dalam untuk memperlambat kendaraan.

Meski begitu, kampas rem tromol mobil yang tipis atau sudah mulai aus, bisa dideteksi dari ketinggian pada setelan rem tangan.

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, indikator kampas rem cakram tipis bisa dilihat dari setelan rem tangan.

Baca juga: Penyebab Ada Bunyi Dengung saat Mobil Jalan

"Rem tromol habis, indikatornya ketika menggunakan handrem, biasanya gejala setelan handrem akan lebih tinggi," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (8/7/2022). 

Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors. Dok. MMKSI Ilustrasi area servis kendaraan di bengkel Mitsubishi Motors.

Teguh melanjutkan, dapat juga membaca ketebalan kampas rem dari level ketinggian minyak rem pada tabung reservoir. 

"Bisa diketahui secara fisik dengan cara dibongkar. Indikator level minyak rem, level ketinggian oli bisa di analisa jika kampasnya sudah tipis," tambahnya. 

Dia juga menjelaskan, setelan kampas rem tromol belakang yang tak sesuai standar bisa juga jadi penyebab rem kurang pakem. 

"Rem tromol dibersihkan dahulu, di setel tromolnya. Area di bawah handrem ada setelan di atas dan di bawah. Melakukan penyetelan sesuai standar," kata Teguh.

Baca juga: Hati-hati, Kurang Perawatan Aki Mobil Bisa Meledak

Senada dengan dia, Technical Advisor Nissan Setyabudi Semarang Wisnu Wardhana mengatakan, kampas rem yang tipis berakibat setelan rem tangan akan lebih tinggi sekitar tiga strip. Lalu, indikasi kampas rem tromol habis juga bisa dirasakan dari injakan pedal rem. 

Pedal rem dan pedal gas Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Pedal rem dan pedal gas Toyota All New Voxy

"Jika saat mobil berjalan lalu pedal rem diinjak tapi kurang pakem, ini bisa jadi pertanda kampas rem tromol mulai menipis. Cara mudah tau kampas rem tromol habis juga bisa dirasakan saat menarik rem tangan atau rem parkir," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.