Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Baru FIM MiniGP di Indonesia, Menjaring Bibit Pebalap MotoGP Masa Depan

Kompas.com - 09/07/2022, 17:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Promotor FIM MiniGP di Indonesia yakni PT Sport Talenta Indonesia (STI) merilis tanggal pelaksanaan baru. Balapan tetap akan berlangsung selama enam seri dan semuanya dilaksanakan di Sentul International Karting Circuit, Jawa Barat.

Adapun jadwal baru adalah 13 Agustus 2022 (seri 1), 14 Agustus (seri 2), 24 September 2022 (seri 3), 25 September 2022 (seri 4), 8 Oktober 2022 (seri 5) dan 9 Oktober 2022 (seri 6).

Happy Harianto, CEO STI mengatakan, penyesuaian tanggal pelaksanaan ini dilakukan untuk memberi kesempatan yang lebih baik kepada rider junior (termasuk racing school dan orangtua) yang sudah terpilih lewat seleksi ketat dan juga kepada OC dan RC dalam menyambut event junior FIM pertama di Indonesia.

Baca juga: Impresi Pertama Jajal Motor Balap MiniGP Alrasyid SND AP10 di Sirkuit

FIM MiniGP Indonesia SeriesDOK. STI FIM MiniGP Indonesia Series

“Kami sudah melaporkan kepada Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan berkoordinasi dengan stakeholder lain. Jadwal baru ini dipandang sangat bijak dan baik utk semua pihak,” kata dia dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (9/7/2022).

Selain itu, penyesuaian tanggal ini juga mengikuti level PPKM di daerah Bogor dan sekitarnya yang belum lama ini naik. Selain itu, STI bersama Bekarya Otomotif Sukses (BOS) memandang jadwal baru ini relatif lebih aman dan menguntungkan semua pihak.

FIM MiniGP Indonesia Series adalah bagian dari rangkaian kejuaraan FIM MiniGP World Series. Tujuannya adalah menjaring bibit-bibit pebalap motor usia muda berbakat dari seluruh dunia yang memiliki jenjang karir yang lebih pasti dengan masuk ke dalam ekosistem MotoGP.

Baca juga: SPKLU Kini Tersedia di Wilayah Gading Serpong

 

Pihak STI sudah memfasilitasi dan seleksi pembalap junior dari berbagai daerah, dan sudah terpilih 15 calon peserta FIM MiniGP series melalui cara yg fair dan terbuka. Saat ini 15 pebalap muda terpilih sedang mempersiapkan diri di daerah masing-masing.

Semua kontestan FIM MiniGP series nantinya akan menggunakan motor yang sama, yaitu Ohvale GP-0 sebagai persyaratan mutlak FIM dan Dorna. Unit-unit Ohvale sudah siap di Indonesia yang disiapkan STI sebagai promotor.

Tentunya FIM MiniGP series akan menjadi tontonan yang layak ditunggu, karena inilah jenjang resmi bagi pebalap junior di seluruh dunia yang bercita-cita memasuki gerbang MotoGP. Terlebih lagi, Indonesia melalui sirkuit Mandalika di NTB, dipercaya FIM dan Dorna menjadi salah satu seri MotoGP yang paling menarik perhatian dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com