Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, Polisi Terapkan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak

Kompas.com - 10/07/2022, 07:40 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih jadi tempat favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir pekan.

Bahkan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 H, arus lalu lintas di Jalur Puncak terpantau ramai lancar.

Satlantas Polres Bogor pun memberlakukan one way di beberapa titik jalur puncak untuk mengurai kepadatan.

Baca juga: Tanpa Subsidi, Harga Pertalite Tembus Rp 17.200 dan Solar Rp 18.150

Antrean  kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Antrean kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi.

“Tadi sempat ada CB (one way) terpenggal untuk penarikan arus. Sekarang sudah arus normal, paling di sekitar Pasar Cisarua itu masih satu jalur ke atas,” ujar KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, dilansir dari NTMC Polri (9/7/2022).

Rekayasa one way terpenggal itu dikarenakan ada peningkatan volume kendaraan menuju Puncak. Tetapi tergolong menurun dibanding kemarin.

“Ada peningkatan sedikit, tetapi dibanding hari-hari biasa lebih padat kemarin yang sekarang berkurang. Termasuk juga bus-bus itu berkurang hanya kendaraan-kendaraan kecil saja,” ucap Ketut.

Baca juga: Alasan Kenapa Motor Injeksi Tak Perlu Lama-lama Dipanaskan

Sementara itu, pihaknya turut berencana memberlakukan sistem one way menuju Jakarta. Hanya saja masih situasional tergantung arus lalu lintas di lapangan.

“One way arah Jakarta masih melihat situasi apabila ada kepadatan lalu lintas tentu akan kita mainkan. Tapi kalau melihat situasi saat ini kan masih lancar jadi belum kita mainkan,” kata Ketut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com