Kompas.com - 09/07/2022, 13:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Memanaskan mesin sepeda motor injeksi, baik skutik atau batangan, tak perlu dilakukan berlama-lama. Cukup 1-3 menit, sudah bisa digunakan.

Pasalnya, dengan adanya perangkat ECU, mesin motor injeksi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sirkulasi oli mesin dan pasokan bahan bakar. 

Menurut Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Setyabudi Semarang Hari Santoso, suhu kerja mesin dan sirkulasi oli sudah terjadi sejak pertama kali mesin dihidupkan. 

Baca juga: Tes Honda ADV 160, Lebih Bertenaga

"Motor produksi baru untuk memanaskan mesin cukup 3 menit. Bahan bakar dan sistem pelumasan mesin telah bekerja sesuai setelan perangkat ECU," ucap Hari, kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Bocoran fitur baru Honda ADV 160Screenshot Intagram @welovehonda_id Bocoran fitur baru Honda ADV 160

Hari menjelaskan, beberapa motor teranyar produksi Yamaha telah dilengkapi indikator thermosensor. Cairan radiator mendidih dengan suhu maksimal 100 derajat celcius sirkulasi tetap bekerja normal. 

"Pada suhu maksimal 100 derajat coolant radiator tetap tersirkulasi bisa. Kemudian, di atas 100 derajat waterpump sudah bekerja optimal," tuturnya. 

Baca juga: Tanpa Subsidi, Harga Pertalite Tembus Rp 17.200 dan Solar Rp 18.150

Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.Foto AHM Test ride Honda ADV 160 di fasilitas safety riding AHM di Cikarang, Jawa Barat.

Dia melanjutkan, sebaliknya bila indikator lampu check engine thermosensor berkedip bisa jadi indikasi kebocoran jalur radiator. 

"Check engine hidup bisa dibaca dari kode kedipan. Lebih amannya dengan cek volume isi reservoir radiator," tambahnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.