Saat Kecelakaan, Lebih Baik Bertahan atau Melepaskan Motor?

Kompas.com - 06/07/2022, 14:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai seepda motor memang ada saja saat apes di jalan. Bisa saja bertemu dengan jalanan licin atau pengendara yang ugal-ugalan jadi terkena dampaknya hingga terjatuh.

Ketika motor terjatuh, ada yang menyebutkan kalau lebih baik melepas pegangan dari setang motor, alias motor dihempaskan saja. Jangan coba bertahan di atas motor saat akan terjatuh karena malah bisa memperparah cedera.

Muhammad Arief, Trainer Yamaha Riding Academy mengatakan, kalau memang terjadi kecelakaan seperti mau terjatuh dari motor, sebisa mungkin motor dilepas.

Baca juga: Cara Menghindari Tabrak Belakang di Lampu Merah Bagi Pengendara Motor

Teknik berguling ketika jatuh dari motorFoto: AHM Teknik berguling ketika jatuh dari motor

"Kenapa, karena motor itu kan bentuknya enggak rata, jadi enggak menggelinding saat terjatuh seperti bola. Jadi kalau ridernya tetap memegang motor, dia akan terpelanting atau ketindihan," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Selain itu, kalau sudah terjatuh, pengendara sebaiknya lansung sigap, mencari tempat yang aman. Mengingat saat jatuh, bisa saja malah terlempar ke tengah jalan yang tentu bisa membahayakan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menambahkan, melepas atau bertahan di motor kembali lagi ke situasi yang terjadi. Kalau misalnya memungkinkan untuk mempertahankan, sebaiknya tetap di motor dan memperbaiki posisi.

Baca juga: Urus Surat-surat Kendaraan Baru di Samsat Kini Bisa Sehari Jadi


"Karena beberapa kasus misal saat tikungan lalu terlalu miring dan goyang tapi belum jatuh lalu kita injak rem belakang maka kemungkinan motor akan cenderung bisa berdiri lagi," ucap Agus.

Namun jika kondisinya tidak memungkinkan untuk dipertahankan, lebih baik lepaskan saja motornya. Jadi pengendara bisa terhindar dari cedera yang fatal karena terjepit atau tertiban motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.