Bagnaia Kecelakaan Mobil karena Minum Alkohol

Kompas.com - 06/07/2022, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar buruk datang dari Francesco Bagnaia yang sedang berlibur di Ibiza, Spanyol. Pebalap Ducati Lenovo ini mengalami kecelakaan dan ternyata kedapatan berada di bawah pengaruh alkohol.

Dikutip dari Speedweek.com, Rabu (6/7/2022), Bagnaia mengalami kecelakaan tunggal pada larut malam. Dia mengendarai mobil seorang diri dan beruntung dirinya tidak mengalami luka serius.

Saat dites alkohol oleh kepolisian setempat, Bagnaia kedapatan memiliki 0,87 mg/liter alkohol dalam darahnya. Sementara, batas yang diperbolehkan adalah 0,25 mg/liter.

Baca juga: Bos Ducati yakin Pecco Bagnaia Masih Bisa Juara Dunia

Menurut regulasi setempat, Bagnaia bisa ditangguhkan izin berkendara atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dimilikinya, mulai satu tahun hingga empat tahun.

Francesco Bagnaia mengalami kecelakaan tunggal di Ibiza karena menyetir di bawah pengaruh alkoholDok. Diario de Ibiza Francesco Bagnaia mengalami kecelakaan tunggal di Ibiza karena menyetir di bawah pengaruh alkohol

Sanksi tersebut diyakini tidak akan berpengaruh pada keikutsertaannya di MotoGP. Sebab, SIM bukan menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ajang balap tingkat dunia tersebut.

Bagnaia pun sudah menyampaikan permintaan maafnya kepada seluruh penggemar melalui media sosialnya. Dia juga menjelaskan kronologi kejadiannya.

"Semalam, saya ada di Ibiza dengan teman-teman untuk berpesta selagi liburan dari MotoGP. Kami merayakan dan bersulang bersama untuk kemenangan saya di MotoGP Belanda," ujar Bagnaia.

Baca juga: Hasil MotoGP Belanda 2022: Bagnaia Menang, Anak Buah Rossi Naik Podium

Bagnaia menambahkan, dirinya meninggalkan diskotek pada pukul 3 pagi waktu setempat. Ketika dihadapkan dengan bundaran, ban depannya terperosok ke parit. Beruntung kecelakaan tersebut tidak melibatkan kendaraan atau orang lain.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP San Marino 2021. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

"Namun, tes alkohol yang dilakukan kepolisian terbukti hasilnya lebih tinggi dari yang diperbolehkan oleh hukum di Spanyol," kata Bagnaia.

"Saya meminta maaf atas apa yang terjadi. Saya sebenarnya bukan peminum, dan ini adalah keteledoran yang serius yang seharusnya tidak terjadi. Saya meminta maaf kepada semua, dan saya jamin bahwa saya belajar dari kejadian ini. Jangan pernah berkendara setelah meminum alkohol. Terima kasih," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.