Benar Tidak Gonta-ganti Merek Oli Motor Bikin Garansi Hangus?

Kompas.com - 06/07/2022, 12:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tiap pabrikan sepeda motor biasanya akan merekomendasikan oli mesin yang cocok digunakan pada tiap produknya.

Karena itu, pemilik motor tak boleh asal dalam membeli oli mesin. Wajib mengikuti rekomendasi yang disarankan agar performanya tetap optimal.

Mulai dari tingkat kekentalnya, spesifikasi aditif, dan yang tak kalah penting soal urusan waktu pergantian oli.

Baca juga: Jangan Asal, Oli Motor Matik dan Manual Ada Bedanya

Kepala Bengkel Astra Honda Zirang Motor Semarang Nurhadi Muslim, menjelaskan asal ganti oli mesin tak direkomendasikan karena rasio perhitungan umum wajib jadi pertimbangan para pemilik, yaitu kekentalan SAE oli. 

"Oli mesin  motor spesifikasinya ada beberapa jenis di pasaran. Yang paling umum yakni 10W-30 dan 10W-40 mendominasi pasar penjualan oli mesin di daerah," kata Nurhadi, kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASSDok. DAM Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASS

Menurut dia, sebagian dari para pemilik motor salah kaprah memperhitungkan rasio spesifikasi kekentalan oli.

Rata-rata, motor produksi terbaru sesuai spesifikasi pabrik mewajibkan penggunaan oli mesin yang encer. 

"Motor belum genap berusia 5 tahun dan celah di ruang bakar masih minim, tidak membutuhkan oli mesin kental. Komponen piston, ring piston, dan crankshaft kinerjanya tetap saja normal bila menggunakan oli encer," ucap dia. 

Sedikit berbeda dibanding motor berusia di atas 10 tahun, apalagi motor bebek yang masih mengadopsi transmisi model kopling basah. Jika nekat mencoba mengaplikasikan oli mesin encer, risikonya adalah kopling yang selip. 

Baca juga: Ketahui Tanda Busi Mobil Bermasalah

Uji emisi di bengkel resmi YamahaDok. YIMM Uji emisi di bengkel resmi Yamaha

Dia juga mengatakan, garansi motor khusus komponen mesin selama 3 tahun bisa hangus dikarenakan pemilik asal gonta ganti merek oli mesin. 

"Garansi mesin maksimal 3 tahun bisa gugur. Klaim garansi mesin harus tetap menggunakan oli standar pabrikan," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.