Ketentuan Servis Mobil Gratis yang Diberikan Bengkel Resmi

Kompas.com - 06/07/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil baru biasanya difasilitasi voucher gratis servis. Sehingga, Anda tidak perlu membayar ketika mobil tersebut melakukan perawatan rutin di bengkel resmi. C

ukup dengan memberikan voucher tersebut maka tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun kepada bengkel.

Namun, benarkah hal demikian berlaku? Faktanya, tidak lama ini beredar kabar orang melakukan servis gratis untuk mobil barunya justru mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah.

Sehingga, wajar saja jika muncul anggapan-anggapan miring dari masyarakat tentang program servis gratis tersebut. Padahal, mungkin saja harapan konsumen di usia mudanya mobil tidak harus mengeluarkan biaya banyak karena servis rutin masih gratis sampai jarak tempuh tertentu.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Baru Wajib Melakukan Servis di 1.000 Km

Daihatsu Ayla 1.0 DJanlika Putri/ kompas.com Daihatsu Ayla 1.0 D

Jelas itu anggapan yang keliru. Servis berkala memang benar gratis, jadi memang pelanggan tidak perlu membayar uang untuk servis rutin gratis di bengkel resmi.

Hanya saja, mobil baru tidak hanya membutuhkan servis rutin yang isinya pemeriksaan dan penggantian oli, tapi juga membutuhkan perawatan sebagai penunjang performa kendaraan. Seperti spooring, balancing dan pembersihan AC dan lain sebagainya.

Perawatan tersebut tentu tidak termasuk di dalam paket servis berkala kelipatan 10.000 Km karena sifatnya opsional.

Baca juga: Kapan Mobil Baru Harus Servis Berkala ke Bengkel Resmi?

Ilustrasi proses spooring ban mobil.liveabout.com Ilustrasi proses spooring ban mobil.

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan, ketika servis berkala memang ada tambahan pekerjaan yang tidak termasuk di dalam servis gratis, dan itu sifatnya opsional, pelanggan boleh untuk tidak melakukannya.

“Tambahan pekerjaan saat servis gratis ada, seperti spooring, balancing, pembersihan AC dan lain lain. Hanya saja itu tidak wajib, kami hanya menyarankan untuk melakukan pekerjaan tambahan tersebut karena kendaraan membutuhkannya guna menunjang performa,” ucap Abdul kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2022).

Dia mengatakan spooring dan balancing memang perlu dilakukan guna mengetahui sudut penyelarasan setiap roda pada kendaraan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.