Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) telah memastikan skutik Honda ADV 160 bakal meluncur pada Jumat, 1 Juli 2022. Sebelum waktu peluncurannya, Honda mulai mengumbar bocoran fitur dari skutik petualang ini.

Dilansir dari Instagram resmi AHM, @welovehonda_id (30/6/2022), tampak video berdurasi 15 detik yang menampilan sedikit bagian dari ADV 160.

Paling menarik adalah cuplikan yang memperlihatkan panel intrumen motor tersebut, di mana terlihat layar LCD negatif display dengan takometer dan indikator kontrol traksi di dalamnya.

Baca juga: All New Lexus LX Meluncur di Indonesia, Harga Rp 3 Miliaran

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT. Astra Honda Motor (@welovehonda_id)

 

Meskipun sudah mengusung model digital, takometer yang berada di sebelah kiri masih menggunakan motif jarum, dengan red line sampai 10.000 rpm.

Adapun di bagian tengah terdapat indikator kecepatan dalam km per jam. Kemudian di bagian atas terdapat indikator jam, sementara di bawah ada fuel bar BBM.

Sedangkan di sebelah kanan atas, tampaknya indikator tegangan aki. Adapun di bagian kanan rata-rata konsumsi bahan bakar, serta di bagian kanan bawah merupakan indikator fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Baca juga: Daftar Mobil yang Bakal Dilarang Pakai Pertalite

Seperti diketahui, fitur HSTC berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi ada perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Saat ini, HSTC bisa ditemui pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR1000RR, X-ADV 750, Forza 250, dan paling terakhir PCX 160.

Saat ditanya soal ini, GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin tidak menampik kabar mengenai adanya calon produk baru pada bulan ini.

Baca juga: Ini Dia Sedan Listrik Hyundai Ioniq 6

Siluet bocoran gambar Honda ADV 160Screenshot Instagram @welovehonda_id Siluet bocoran gambar Honda ADV 160

“Kita tunggu bareng-bareng ya, biar seru,” ujar Muhibbuddin, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, kabar kehadiran Honda ADV 160 sudah diisukan bakal hadir pada 2022. Skutik adventure ini kabarnya mendapat sejumlah ubahan dari sisi desain dan dapur pacu.

Seperti diketahui, Honda telah menghadirkan Vario 160 yang dibangun berdasarkan PCX 160. Opsi kelahiran ADV 160 bakal mengacu pada PCX 160 juga, pasalnya konsep common parts sharing pada level manufaktur sudah lazim dilakukan semua pabrikan otomotif.

Baca juga: Lakukan Ini agar Rem Tidak Blong Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh

Ilustrasi calon motor baru Honda ADV 160MOTOBLAST.org Ilustrasi calon motor baru Honda ADV 160

Jika benar demikian, All New ADV 160 akan menggunakan mesin yang sama dengan kode eSP+, yaitu peningkatan jumlah klep dari 2 klep menjadi 4 klep.

Kemudian, peningkatan juga terlihat dari kapasitas mesin, dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc, dengan ukuran (bore x stroke) 60,0 x 55,5 mm, serta rasio kompresi 12:1.

Mengacu spesifikasi di atas kertas, tenaga mesin tersebut bisa mencapai 15,8 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 6.500 rpm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com