Penyebab Biaya Perbaikan Mesin Diesel Common Rail Mahal

Kompas.com - 28/06/2022, 17:12 WIB

SINTANG, KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya perbaikan common rail pada mesin diesel mahal.

Mahal dalam artian jika dibandingkan antara perbaikan pada mesin diesel dengan perbaikan sistem bahan bakar pada mesin bensin.

Berdasarkan berita yang beredar, perbaikan satu injektor saja bisa sampai Rp 2 jutaan, belum lagi bila terjadi kerusakan sehingga ada yang part perlu diganti, maka harganya bisa lebih mahal lagi.

Nominal itu baru satu injektor, sedangkan pada mobil-mobil diesel modern pada umumnya dibekali empat injektor. Belum selesai di situ, common rail juga dilengkapi dengan beberapa sensor dan selenoid yang juga bisa rusak karena kotoran.

Baca juga: Benarkah Merawat Mobil Mesin Diesel Lebih Sederhana?

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

Heri Eko Cahyono dari Karya Mandiri spesialis Common Rail mengatakan, mahalnya biaya perbaikan common rail memang dipengaruhi dari mahalnya harga part.

“Sebagai perbandingan saja, kalau ganti satu buah injektor itu harganya pasti diatas Rp 5 jutaan. Nah, kalau di sini, injektor itu dibongkar, dipreteli hingga ketahuan part-part kecil yang rusak, perlu diganti atau diperbaiki. Part-part tersebut juga termasuk langka, dan memiliki kepresisian tinggi sehingga mau tidak mau kalau memang rusak solusinya adalah diganti,” ucap Heri kepada Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Heri mengatakan terkadang juga ada part yang bisa diperbaiki, tergantung dari jenis kerusakannya. Hal itu akan mempengaruhi biaya servis common rail itu sendiri. Jadi, meski biaya perbaikan common rail itu cukup mahal, masyarakat lebih sering memilih melakukan perbaikan daripada harus mengganti satu set injektor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.