Tahap Awal, 5 Provinsi Ini Wajib Daftar untuk Beli Pertalite dan Solar

Kompas.com - 28/06/2022, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina bakal memulai uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, bagi konsumen yang berhak dan sudah terdaftar di sistem MyPertamina pada 1 Juli 2022.

Artinya, masyarakat pengguna kendaraan yang ingin membeli Solar dan Pertalite nantinya tak bisa sembarang, karena harus melakukan registrasi dulu pada situs MyPertamina.

Namun demikian, pada tahap awal pelaksanaan uji coba pembelian Pertalite dan Solar tak langsung dilakukan secara serentak, tapi hanya di beberapa kota dan kabupaten.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Beli Pertalite dan Solar Wajib Daftar Dulu


"Iya, jadi awal Juli nanti baru ada beberapa kota dan kabupaten di 5 provinsi dulu. Untuk daerah lain akan segera menyusul," ucap Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T Pertamina Irto Ginting, kepada Kompas.com, Selasa (28/6/2022).

Untuk lima provinsi yang dimaksud di antaranya, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Sementara ketika ditanya kriteria kendaraan yang nantinya boleh membeli BBM subsidi, Irto mengatakan, untuk Solar sudah ada ketentuannya, sementara Pertalite masih menunggu hasil revisi Peraturan Presiden No. 191 Tahun 2014.

Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG.ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG.

"Untuk kendaraan Pertalite, kriteria masih terbuka, pararel menunggu revisi dari Perpres 191/2014. Namun demikian, kami imbau agar pengguna kendaraan bisa menyesuaikan BBM-nya dengan spek yang disyaratkan pada buku manual," ucap Irto.

"Sementara untuk roda empat ke atas, tapi kami harapkan nanti pada revisi Perpres ada kriteria yang lebih jelas," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution mengatakan, pihaknya akan membuka situs resmi pendaftaran untuk penyaluran pembelian Solar dan Pertalite pada 1 Juli mendatang.

Baca juga: Soal Larangan Beli Pertalite, BPH Migas Kaji Mobil Mewah 2.000 cc ke Atas

Masyarakat yang merasa berhak, bisa melakukan pendaftaran dan menunggu hasil konfirmasi setelah dilakukan pengecekan terkait kendaraan dan identitasnya.

Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU 13.282.613 Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (17/4/2022). PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan stok BBM dan LPG aman dengan membentuk tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul fitri (Satgas RAFI) yang bertugas untuk memastikan keamanan pasokan energi mulai tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022. Beberapa layanan tambahan tambahan BBM periode Satgas RAFI tahun 2022 yakni 88 SPBU, 550 outlet LPG 3 Kg, 119 outlet LPG NPSO, 18 Pertashop yang disiagakan 24 jam serta enam motorist untuk layanan delivery dan tiga kantong SPBU.ANTARA FOTO/RONY MUHARRMAN Pengisian Bahan Bakar Minyak di SPBU 13.282.613 Jalan Imam Munandar, Kota Pekanbaru, Riau, Minggu (17/4/2022). PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan stok BBM dan LPG aman dengan membentuk tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul fitri (Satgas RAFI) yang bertugas untuk memastikan keamanan pasokan energi mulai tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022. Beberapa layanan tambahan tambahan BBM periode Satgas RAFI tahun 2022 yakni 88 SPBU, 550 outlet LPG 3 Kg, 119 outlet LPG NPSO, 18 Pertashop yang disiagakan 24 jam serta enam motorist untuk layanan delivery dan tiga kantong SPBU.

"Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," kata Alfian dalam keterangan resminya, Senin (27/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.