Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Merawat Mobil Mesin Diesel Lebih Sederhana?

Kompas.com - 27/06/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil mesin diesel memang masih memiliki nilai lebih tersendiri bagi sebagian orang. Banyak yang beranggapan mesin diesel itu lebih tangguh, suaranya lebih garang hingga sederhana dalam melakukan perawatan.

Mungkin benar jika dikatakan mobil diesel memiliki tenaga yang lebih besar daripada mesin bensin lantaran karakter dapur pacunya memang akan menghasilkan torsi lebih besar.

Dilihat dari konstruksinya saja, mesin diesel pasti memiliki kompresi yang lebih tinggi, dan untuk mesin diesel sekarang ini hampir semua dilengkapi dengan turbocharger.

Baca juga: Dampak Buruk Mobil Mesin Diesel Modern Sering Diisi Biosolar

Mobil bermesin diesel menerjang air- Mobil bermesin diesel menerjang air

Jadi, wajar saja jika mesin diesel dikatakan lebih tangguh dan memiliki suara yang lebih garang. Namun, apakah benar mesin diesel juga memerlukan perawatan yang lebih sederhana?

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, hal itu tidak sepenuhnya benar, sederhana karena banyak hal tidak dikerjakan oleh mekanik ketika melakukan servis atau tune up. Karena itu sudah merupakan aturan standar operasional bengkel resmi yang harus dilakukan.

“Sebenarnya mesin diesel malah lebih ribet dan rumit, jika dibedah lebih detail lagi. Untuk urusan kalibrasi injektor saja, itu sistemnya rumit, hanya orang kompeten yang bisa melakukannya,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Baca juga: Ketahui Istilah Masuk Angin pada Mesin Diesel

Mesin innova dieselInnova diesel Mesin innova diesel

Hal itu bisa terjadi, lantaran ada batasan-batasan tertentu yang tidak bisa dijamah oleh montir di bengkel resmi. Sehingga, melakukan perawatan mesin diesel menjadi lebih sederhana dan mudah.

Dengan demikian, perlakuan pengguna kendaraan kepada mesin diesel perlu dibedakan. Artinya, mesin diesel sebaiknya mendapatkan perawatan yang baik agar mesin tidak bermasalah, sehingga servisnya menjadi selalu sederhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com