Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Mesin Diesel Common Rail Awet

Kompas.com - 28/06/2022, 16:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SINTANG, KOMPAS.com - Biaya servis common rail pada mesin diesel memang terkenal mahal, sebab tidak semua montir bisa dan harga suku cadangnya pun tidak murah.

Untuk perbaikan satu injektornya saja, membutuhkan biaya mulai Rp 2 jutaan, belum lagi bila ditemukan kerusakan lain. Maka, biaya perbaikan common rail secara umum memang perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

Sehingga, disarankan untuk senantiasa menjaga performa common rail, agar injektor tidak mudah tersumbat atau terjadi kerusakan lain.

Baca juga: Benarkah Merawat Mobil Mesin Diesel Lebih Sederhana?

Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Mobil Nissan All-New NP300 Navara melewati medan off road di Gunung Tambora, Dompu, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/3/2015). Nissan All-New Navara punya spesifikasi standar, mesin diesel YD25DDTi berkapasitas 2.488 cc. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Heri Eko Cahyono dari Karya Mandiri spesialis Common Rail mengatakan, untuk menjaga keawetan common rail kuncinya ada di bahan bakar dan filternya, kalau kedua hal itu diperhatikan common rail bakal awet.

“Pakai bahan bakar yang bagus, Pertamina Dex kalau perlu. Terus sering ganti filter solar, udah itu saja,” ucap Heri kepada Kompas.com, Senin (27/6/2022).

Heri mengatakan, jika bahan bakarnya bagus, kandungan sulfurnya rendah, dan filter solar sering diganti, peluang untuk terjadi sumbatan di sistem common rail itu sangat kecil. Karena pada sistem bahan bakar itu termasuk saluran tertutup, yang artinya tidak akan ada benda lain yang masuk selain lewat saluran bahan bakar.

Baca juga: Perlukah Bersihkan Saluran Bahan Bakar Pakai Zat Tambahan pada Mesin Diesel?

Persaingan SUV ladder frame yang saat ini diisi Fortuner, Pajero Sport, MU-X, dan Terra makin ramai.Kompas.com/Dio Persaingan SUV ladder frame yang saat ini diisi Fortuner, Pajero Sport, MU-X, dan Terra makin ramai.

 

Bayangkan saja, jika bahan bakar bagus dan filter solar sering diganti, masa iya ada zat yang menyumbat saluran bahan bakar?

“Jangan seperti di sini (kawasan perkebunan sawit) banyak yang mengabaikan kedua faktor tersebut, akhirnya banyak mobil yang masuk ke bengkel dengan kondisi yang cukup parah,” ucap Heri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com