Khusus Warga Depok, Ada Pemutihan Pajak Kendaraan Mulai 1 Juli 2022

Kompas.com - 28/06/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Depok menghadirkan program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) pada 1 Juli 2022 sampai 31 Agustus 2022.

Kepala Bidang Pajak Daerah 1 BKD Kota Depok Yuli Puspita Anggraini mengatakan, program tersebut dihadirkan untuk memberikan keuntungan dan relaksasi bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar bisa memanfaatkan dengan baik program pemutihan pajak kendaraan tersebut.

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Syarat dan Cara Mengurus STNK yang Hilang

Ilustrasi: Sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotorditlantas polda jatim Ilustrasi: Sejumlah warga membayar pajak kendaraan bermotor

"Program ini berlaku dari Juli-Agustus 2022. Kami akan sosialisasikan sampai ke tingkat kelurahan agar masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini. Orang bijak, taat pajak," katanya dalam keterangan resmi, Senin (27/6/2022).

Lebih jauh, dalam program ini, terdapat keuntungan bebas biaya untuk denda pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor ke-2, dan tunggakan pajak kendaraan tahun ke-5.

Selain itu ada juga diskon biaya pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor pertama.

Pemutihan pajak berlaku di seluruh kantor Samsat Jawa Barat, termasuk di gerai mal. Khusus untuk pembayaran pajak 5 tahunan, wajib datang di induk Samsat karena harus melakukan cek fisik kendaraan.

Baca juga: 22 Nama Jalan di Jakarta Berubah, STNK Tak Wajib Langsung Diganti

Syarat bayar pajak motor tahunan di Samsat keliling dan gerai SamsatKOMPAS.com/Ryana Aryadita Syarat bayar pajak motor tahunan di Samsat keliling dan gerai Samsat

Adapun Pemkot Depok sendiri, memberikan diskon bagi wajib pajak yang melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo selama periode program ini berlangsung. Rinciannya ialah sebagai berikut;

* Pembayaran satu bulan sebelum jatuh tempo dapat diskon 2 persen
* Pembayaran 2 bulan sebelum jatuh tempo dapat diskon 4 persen
* Pembayaran 3 bulan sebelum jatuh tempo dapat diskon 6 persen
* Pembayaran 4 sampai 5 bulan sebelum jatuh tempo dapat diskon 8 persen
* Pembayaran 6 bulan sebelum jatuh tempo dapat diskon 10 persen.

Terkait persyaratan, untuk bebas denda pajak kendaraan bermotor wajib pajak harus membawa STNK asli, e-KTP asli, SKKP/SKPD terakhir, dan BPKB asli (khusus wilayah Polda Metro Jaya).

Sementara untuk pembayaran pajak 5 tahunan, wajib pajak wajib menghadirkan kendaraan di Samsat sesuai domisili kendaraan, memiliki bukti hasil cek fisik kendaraan, dan juga BPKB asli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.