Knalpot Mobil Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Pekat, Pertanda Ada Masalah

Kompas.com - 28/06/2022, 11:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asap knalpot mesin diesel memang cenderung berwarna hitam, lantaran sifat bahan bakar solar itu sendiri.

Dari dulu hingga sekarang, setiap mobil yang menggunakan mesin diesel akan menghasilkan asap knalpot berwarna hitam. Hal itu dipengaruhi dari kandungan sulfur di bahan bakar. Semakin banyak kandungan sulfur yang terkompresi, maka asap knalpot akan semakin hitam.

Meski terbilang wajar, pada suatu kondisi tertentu asap knalpot yang hitam bisa dijadikan indikasi bahwa mesin sedang mengalami masalah pada sistem pembakaran.

Apalagi untuk mesin yang sudah menerapkan sistem common rail, seharusnya jantung pacu prima tidak akan mengeluarkan asap hitam pekat.

Baca juga: Kenapa Mesin Diesel Kerap Keluarkan Asap Hitam?

Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.- Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan mesin diesel yang modern seharusnya tidak mengeluarkan asap hitam ketika mesin digas, sedangkan mesin diesel yang konvensional bisa saja terjadi karena memang teknologinya masih sederhana.

“Bisa dikatakan wajar untuk diesel jadul, tapi kalau diesel sekarang yang sudah common rail, seharusnya tidak mengeluarkan asap hitam yang terlalu pekat meskipun pedal gas diinjak penuh. Jika asapnya tipis-tipis sih masih bisa dikatakan wajar,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Dia mengatakan asap knalpot yang hitam pekat tersebut bisa menjadi indikator bahwa pada diesel common rail ada yang tidak beres. Bisa jadi timing penginjeksiannya tidak tepat, saringan udaranya kotor, ada sumbatan di injektornya dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Air dan Asap Putih Keluar dari Knalpot Mobil, Perlukah Cemas?

Contoh filter solar pada mesin diesel- Contoh filter solar pada mesin diesel

Sementara bila asap hitam yang keluar dari knalpot tipis-tipis itu bisa karena menggunakan bahan bakar kualitas rendah, injektor mulai kotor, filter bahan bakar kotor, dan itu masih bisa diatasi dengan servis berkala atau tune up.

“Perlu analisa lebih detail, kenapa keluar asap hitam pekat dari knalpot, karena pada mesin diesel common rail itu (asap hitam) dipengaruhi oleh banyak faktor, tidak cuma injektor,” tambah Ibrohim.

Dia juga mengatakan asap knalpot hitam pekat itu akan diiringi dengan berkurangnya tenaga mesin, konsumsi bahan bakar lebih boros dan bisa juga muncul brebet atau sejenisnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.