Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air dan Asap Putih Keluar dari Knalpot Mobil, Perlukah Cemas?

Kompas.com - 11/06/2022, 11:20 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum berangkat kerja atau beraktivitas di pagi hari, memanaskan mobil menjadi salah satu rutinitas. Tujuannya untuk mencairkan oli pada ruang mesin, transmisi, dan melancarkan asupan bensin pada sistem injeksi.

Namun, banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kendaraannya sendiri saat sedang dipanaskan dan khawatir ketika melihat air menetes dari lubang knalpot. Padahal, hal tersebut sangat normal.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, air yang menetes dari lubang knalpot saat mesin mobil dipanaskan pagi hari menjadi salah satu ciri bahwa mobil dalam kondisi sehat.

Baca juga: Knalpot Mobil Nembak-nembak, Ini Penyebabnya

“Knalpot mengeluarkan air itu bagus, karena akibat kondensasi sehingga menjadi uap air di pipa knalpot. Jadi saat mesin menyala, air akan terdorong keluar,” ujar Didi, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi asap putih keluar dari knalpot mobilFoto: Paulan.org Ilustrasi asap putih keluar dari knalpot mobil

Didi menambahkan, kondensasi tersebut terjadi di dalam pipa knalpot, karena materialnya terbuat dari bahan besi. Saat mobil diparkir semalaman, akan terjadi proses pengembunan di dalam knalpot.

Sehingga, saat mesin mobil dipanaskan, akan terjadi proses penguapan, yakni panas dari mesin akan mendorong embun keluar dari lubang saluran pembuangan sisa pembakaran.

Baca juga: Ketahui Efek Buruk Sumpal Knalpot Mobil agar Suaranya Jadi Racing

“Proses inilah yang membuat air menetes dari ujung knalpot saat mesin mobil di panaskan atau bahkan digunakan beraktivitas. Nanti, embunnya akan terdorong kelaur dan kalau sudah terbuang airnya (embun) juga akan habis,” kata Didi.

Selain air, akan ada juga asap putih yang keluar dari knalpot. Sebab, air yang ada di dalam knalpot terkena panas sehingga menguap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com