Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Tampilan, Siasat Punya Mobil Baru Hemat Bujet

Kompas.com - 27/06/2022, 11:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki mobil dengan tampilan dan fitur canggih menjadi dambaan banyak orang. Biasanya, dalam kurun waktu tertentu setiap pabrikan mobil mengeluarkan tipe mobil baru yang melakukan pembaharuan dengan fitur atau desain yang lebih segar.

Maka dari itu, mobil keluaran sebelumnya terlihat desainnya lebih kuno dan ketinggalan zaman. Namun, jika harus membeli mobil keluaran terbaru membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Maka dari itu, saat ini layanan upgrade tampilan mobil banyak dipilih oleh pemilik kendaraan roda empat karena relatif hemat bujet.

Baca juga: Cara Benar Jemur Helm, Cegah Bau Apek

“Cara menyiasati situasi pandemi seperti ini, untuk menghemat uang perusahaan atau perorangan bisa cara alternatif dengan upgrade kendaraan,” pemilik workshop Automania Hendra Budiman di kawasan Cempaka Mas, Jakarta Timur, saat dikunjungi oleh Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Hendra, dalam tiga tahun terakhir ini bersamaan dengan adanya pandemi banyak orang melakukan upgrade eksterior atau tampilan wajah atau facelift mobil.

Banyak mobil yang memilih upgrade menjadi tampilan wajah yang lebih baru atau lebih muda. Perubahan bagian eksterior dari model lama menjadi model terkini biasa berhubungan dengan penambahan body kit.

Upgrade kan bisa aja pengertianya hanya dengan pakai body kit. Katakanlah Pajero Sport baru mau pakai body kit Lexus. Tapi bukan berarti mobil itu berubah jadi Lexus hanya pakai tampilann dari Lexus gitu,” kata Hendra.

Sementara itu, pada bagian interior banyak pemilik mobil yang melakukan upgrade hanya untuk kebutuhan gaya hidup pemilik kendaraan.

Pemasangan Cover Jok Premium di Bengkel AutomaniaJanlika Putri/ Kompas.com Pemasangan Cover Jok Premium di Bengkel Automania

Untuk upgrade aksesoris mobil yang sedang populer seperti foot step otomatis, wireless charging, power back door, seat cover premium, hingga dashcam.

Baca juga: Bau Bensin di Kabin Mobil, Coba Periksa Ini

Hendra menyebutkan masing-masing jenis mobil memiliki tren upgrade yang berbeda. Patokan harga untuk upgrade setiap jenis mobil dan komponen yang akan di ubah berbeda satu sama lain.

Namun, menurut Hendra upgrade menjadi alternatif yang lebih murah untuk mendapatkan mobil dengan rasa baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com