Mengenal Sirkuit Rocket Motor Samota yang Gelar MXGP Indonesia

Kompas.com - 26/06/2022, 12:11 WIB
|

SUMBAWA, KOMPAS.com - Setelah jeda dua tahun, Kejuaraan Dunia Motocross FIM yaitu MXGP akhirnya kembali ke Indonesia. Tahun ini balapan garuk tanah itu digelar di Sirkuit Rocket Motor Samota, Sumbawa.

Pulau Sumbawa akan menjadi sorotan dunia sebab ini merupakan debut Sirkuit Rocket Motor Samota di kalender MXGP. Trek ini akan menjadi ladang uji keterampilan pebalap di sirkuit baru.

Baca juga: Marc Marquez Bisa Balapan Lagi September, Ini Kata Bos Honda

Sirkuit Rocket Motor Samota, Sumbawa.Foto: MXGP Sirkuit Rocket Motor Samota, Sumbawa.

Sirkuit Rocket Motor Samota masuk dalam putaran ke-12. Balapan akan berlangsung pada Mingggu (26/6/2022) yang terbagi dalam dua balapan. Selain kelas tertinggi MXGP, ada juga kelas menengah MX2 yang dimeriahkan pebalap Indonesia.

Sirkuit Rocket Motor Samota dibangun di area seluas 20 hektare dari sekitar 100 hektare lahan jagung di Labuhan Badas, Sumbawa Besar.

Sirkuit memiliki panjang 1.740 meter atau sekitar 1,7 km. Terdiri dari 18 tikungan dan 11 rintangan atau obstacle.

Baca juga: Toprak Jajal Motor Balap Yamaha YZR-M1, Ini Bedanya dengan Superbike


Untuk mendukung jalannya balapan, pengelola Mandalika International Circuit yang mengirimkan Marshal untuk bertugas di MXGP dengan peralatan lengkap.

Pebalap HRC, Tim Gajser memuji desain Sirkuit Rocket Motor Samota, Sumbawa yang dinilainya asyik diajak menaklukkan rintangan.

“Saya sangat menikmati lintasannya, itu menyenangkan," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (26/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MXGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.