Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan Buruk Pengemudi yang Bisa Bikin Transmisi Matik Cepat Rusak

Kompas.com - 24/06/2022, 15:42 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil keluaran baru banyak menggunakan transmisi matik ketimbang manual. Perpindahan gigi matik dilakukan secara otomatis, sehingga pengemudi tidak perlu repot menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi.

Walaupun pengeoperasiannya mudah, perawatannya cenderung lebih rumit ketimbang mobil manual. Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang mungkin dianggap sepele, namun bisa mempercepat rusaknya komponen transmisi matik pada mobil.

Salah satu kebiasaan yang paling umum dilakukan adalah terlalu sering atau cepat memindahkan tuas transmisi matik. 

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Transmisi Matik CVT dan AT

"Jadi selain berkendara agresif atau sering memindahkan tuas, ada kesalahan lain yang sering sekali dilakukan tapi tidak disadari," ucap pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Hermas menjelaskan, kesalahan yang paling umum adalah terlalu cepat berakselerasi saat transmisi baru dipindahkan ke posisi D atau R.

Seringkali, pengemudi mobil matik segera menginjak pedal gas sesaat setelah tuas transmisi dipindahkan ke posisi D. Agar kerja transmisi lebih optimal, pengemudi harus memberi jeda beberapa detik terlebih dulu.

Tombol Overdrive berfungsi mengunci posisi gigi pada mobil matikDicky Aditya Wijaya Tombol Overdrive berfungsi mengunci posisi gigi pada mobil matik

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?

Selain itu, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa memaksakan pindah gigi sebelum mobil berhenti juga jadi kebiasaan mengemudi yang bisa merusak sistem transmisi.

"Kesalahan yang dapat merusak transmisi matik yang pertama itu memaksakan pindah gigi sebelum mobil berhenti. Misalnya dari D mau mundur, sebaiknya injak rem terlebih dahulu sampai mobil berhenti baru pindahkan ke gigi mundur," ucap Didi pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, menggeber mobil sebelum tuas transmisi masuk ke posisi D juga bisa merusak sistem transmisi mobil matik. 

Baca juga: Jangan Salah, Begini Teknik Pakai Dongkrak Mobil yang Benar

Penggunaan gigi rendah atau L yang tidak sesuai dengan kebutuhan juga bisa mempercepat kerusakan sistem transmisi. Gigi L sebaiknya digunakan untuk kebutuhan tertentu saja seperti jalan berkontur menanjak atau turunan curam. Selebihnya, lebih baik gunakan gigi D.

Untuk mobil yang memiliki fitur tiptronic sebaiknya tidak terlalu agresif atau kasar dalam menggunakannya. Kebiasaan ini bisa membuat kampas kopling lebih cepat aus.

Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.Kompas.com/Alsadad Rudi Sistem transmisi matik milik Chevrolet Trax.

Baca juga: Asal Tancap Gas, Bokong Pajero Sport Dihajar Kereta Api

"Menggunakan paddle shift itu digunakan dengan wajar saja, jangan digunakan untuk performa atau tarik-tarikan yang nantinya malah merusak transmisi," ucap Didi.

Saat sedang berhenti, biasakan untuk tidak menahan rem terlalu lama dengan posisi gigi di D. Sebaiknya gunakan gigi N ketika berhenti.

Terakhir, jangan sering terlambat mengganti oli transmisi dan jangan menderek mobil dengan cara sembarangan. Jika terpaksa diderek, bagian yang diangkat adalah roda penggerak dengan kecepatan saat diderek tidak lebih dari 40 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com