Kia Carens Cuma Kantongi 3 Bintang dari Hasil Tes Tabrak Global NCAP

Kompas.com - 24/06/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens mendapatkan hasil tes tabrak tiga bintang dari pengujian yang dilakukan Global NCAP belum lama ini.

Tiga bintang tersebut termasuk perlindungan untuk orang dewasa dan tiga bintang untuk perlindungan anak.

Dikutip dari laman globalncap.org, pengetesan Kia Carens dilakukan berhubungan dengan kampanye #safercarsforindia. Jadi semua mobil yang dipasarkan di India, dites keamanannya.

Hasil yang diraih Kia Carens kalah telah dibanding perolehan Mahindra XUV 700 dengan lima bintang. Karena itu, Mahindra XUV 700 kini mendapatkan award 'Safer Choice' dari kampanye tersebut.

Baca juga: Hitung Skema Cicilan Honda HR-V dan Kia Sonet


Kia Carens yang dites merupakan varian paling standar. Meski demikian, sudah disematkan enam airbag, dua di depan, dua di bangku, dan dua lagi di curtain atau bagian samping.

Saat dites, Carens menampilkan struktur bodi yang kurang stabil. Sehingga perlindungan pada dada dan kaki pengemudi terlihat sangat lemah. Bahkan untuk sabuk pengaman di baris tengah hanya dua titik.

Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP mengatakan, pihaknya menyambut baik keputusan Kia untuk menyematkan enam airbag sebagai standar, namun harapannya Carens bisa lebih baik lagi.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?


"Kami mengharapkan kinerja yang lebih baik dari model ini. Masih memprihatinkan bahwa merek mobil global seperti Kia, yang biasanya mencapai peringkat bintang 5 di pasar lain, masih belum mencapai level ini di India," kata dia dikutip dari lama Global NCAP, Jumat (24/6/2022).

Kia Carens sampai saat ini memang belum dipasarkan di Indonesia. Namun beberapa waktu lalu sempat dipamerkan di Jakarta Auto Week (JAW) 2022 Maret lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.