Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Carens Cuma Kantongi 3 Bintang dari Hasil Tes Tabrak Global NCAP

Kompas.com - 24/06/2022, 14:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens mendapatkan hasil tes tabrak tiga bintang dari pengujian yang dilakukan Global NCAP belum lama ini.

Tiga bintang tersebut termasuk perlindungan untuk orang dewasa dan tiga bintang untuk perlindungan anak.

Dikutip dari laman globalncap.org, pengetesan Kia Carens dilakukan berhubungan dengan kampanye #safercarsforindia. Jadi semua mobil yang dipasarkan di India, dites keamanannya.

Hasil yang diraih Kia Carens kalah telah dibanding perolehan Mahindra XUV 700 dengan lima bintang. Karena itu, Mahindra XUV 700 kini mendapatkan award 'Safer Choice' dari kampanye tersebut.

Baca juga: Hitung Skema Cicilan Honda HR-V dan Kia Sonet


Kia Carens yang dites merupakan varian paling standar. Meski demikian, sudah disematkan enam airbag, dua di depan, dua di bangku, dan dua lagi di curtain atau bagian samping.

Saat dites, Carens menampilkan struktur bodi yang kurang stabil. Sehingga perlindungan pada dada dan kaki pengemudi terlihat sangat lemah. Bahkan untuk sabuk pengaman di baris tengah hanya dua titik.

Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP mengatakan, pihaknya menyambut baik keputusan Kia untuk menyematkan enam airbag sebagai standar, namun harapannya Carens bisa lebih baik lagi.

Baca juga: Mobil Listrik Mungil Lagi Tes Jalan, DFSK FenGuang Mini EV?


"Kami mengharapkan kinerja yang lebih baik dari model ini. Masih memprihatinkan bahwa merek mobil global seperti Kia, yang biasanya mencapai peringkat bintang 5 di pasar lain, masih belum mencapai level ini di India," kata dia dikutip dari lama Global NCAP, Jumat (24/6/2022).

Kia Carens sampai saat ini memang belum dipasarkan di Indonesia. Namun beberapa waktu lalu sempat dipamerkan di Jakarta Auto Week (JAW) 2022 Maret lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com