Jangan Salah, Begini Teknik Pakai Dongkrak Mobil yang Benar

Kompas.com - 24/06/2022, 07:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap mobil tidak terlepas dari kejadian ban bocor saat di perjalanan. Pada kondisi ini mau tidak mau, pengemudi harus menggunakan dongkrak untuk mengangkat mobil kemudian ganti ban.

Namun, beberapa pengendara kerap kesulitan menggunakan dongkrak. Baiknya, pada saat menggunakan alat ini usahakan memilih tumpuan yang tepat agar tidak terjadi kerusakan pada mobil akibat dongkrak yang meleset.

Baca juga: Wanita Wajib Perhatikan Ini Saat Mengemudi Mobil Sendiri

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan peletakkan titik dongkrak mobil biasanya ada empat, yakni dua titik pertama terletak pada bagian sasis di belakang roda depan. Kemudian, dua titik dongkrak lainnya terletak pada sasis di depan roda belakang

“Titik-titik yang sudah ditentukan adalah titik yang kuat dalam mendongkrak mobil. Biasanya ada gambar keterangan pada dongkrak dan buku pedoman pemilik,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.


Jika titik dongkrak tidak pada posisi yang tepat maka akan mengakibatkan sasis bodi dan bodi mengalami kerusakan.

Hal ini tentu saja membuat pengemudi mengalami kerugian karena perbaikan bodi dan sasis mobil tidak murah. Pemasangan titik dongkrak yang tidak pas juga akan membuat mobil kehilangan keseimbangan dan bisa saja mobil terjatuh. 

Mobil Corolla Altis berpelat Singapura mengisi bensin dengan dongkrak di SPBU Malaysia agar full tank. Pengemudi diduga enggan rugi, karena harga bensin di Malaysia jauh lebih murah daripada Singapura.FACEBOOK Aurizn via MOTHERSHIP Mobil Corolla Altis berpelat Singapura mengisi bensin dengan dongkrak di SPBU Malaysia agar full tank. Pengemudi diduga enggan rugi, karena harga bensin di Malaysia jauh lebih murah daripada Singapura.

“Perhatikan juga dalam saat mendongkrak mobil, usahakan di tempat yang keras dan datar. Ban juga diganjal untuk bantu rem tangan agar mobil tidak bergerak,” ucap Didi.

Baca juga: Lampu Sorot Depan Jadi Aksesori yang Banyak Dipasang Bus Sumatera

Jika tumpuan datar dan kuat otomatis dongkrak juga tidak akan meleset karena tidak seimbang. Selain untuk mencegah dongkrak meleset bisa dengan menempatkan ban serep di bawah mobil.

Cara tersebut akan bodi tertahan oleh ban serep sehingga tidak jatuh ke tanah atau aspal yang membuat kerusakan komponen mobil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.