Coba Lakukan Ini Saat Auto Power Window Mobil Tidak Berfungsi

Kompas.com - 22/06/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua mobil sudah dilengkapi electric power window untuk membantu membuka-tutup kaca . Pasalnya, fitur ini memang dibutuhkan pengemudi guna mempermudah menaikkan dan menurunkan kaca.

Sebagai contoh, ketika melewati beberapa persimpangan jalan, biasanya Anda mengulurkan tangan untuk memberi uang kepada tukang parkir. 

Cara tersebut tentu saja menjadi susah bila kaca mobil tidak dilengkapi dengan electric power window. Bahkan, di beberapa mobil juga sudah dilengkapi fitur auto power window; yaitu cukup menekan tombol sekali maka kaca akan bergerak secara otomatis sampai menutup atau membuka penuh.

Baca juga: Power Window Mobil Macet? Coba Lakukan Ini

Ilustrasi kendaraan natura.SHUTTERSTOCK/BLACKWHITEPAILYN Ilustrasi kendaraan natura.

Tentu cara tersebut lebih mudah, dan aman, karena jari tidak perlu menahan tombol beberapa saat sampai kaca benar-benar tertutup atau membuka penuh. Dengan demikian, Anda bisa fokus mengendalikan laju mobil.

Nah, hanya saja kadang auto power window ini tiba-tiba tidak berfungsi, biasanya setelah melakukan servis atau melakukan pelepasan terminal aki. Sehingga, diperlukan pengaturan ulang agar auto power window berfungsi normal kembali.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, auto power window memang memerlukan kalibrasi setiap periodikal tertentu atau setiap terjadi lost power dari aki.

Baca juga: Cara Mengatasi Power Window Mobil Macet

Interior Toyota All New VoxyKompas.com/Donny Interior Toyota All New Voxy

“Iya, memang perlu direset, sebagai wujud kalibrasi. Caranya dengan menekan tombol power window sampai kaca menutup penuh dan tetap ditahan hingga 5 detik, lalu setelah itu diturunkan. Beberapa tipe mobil berhasil dengan menggunakan metode itu,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com.

Sebagai tambahan saja, perlu menyalakan mesin saat melakukan kalibrasi agar aki tidak tekor. Berhubung caranya yang mudah, Anda bisa melakukan kalibrasi di mana saja dan kapan saja.

Metode ini bisa berhasil dan bisa tidak, mengingat ragam mobil yang beredar di masyarakat begitu banyak. Terlebih lagi main switch atau saklar utama electric power window ini bisa rusak akibat bad connect atau sekadar kotor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.