Segera Menepi Jika Lampu Indikator Oli Menyala Saat Mobil Melaju

Kompas.com - 21/06/2022, 19:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Lampu indikator oli menyala saat mobil melaju kerap dialami oleh banyak pengendara. Hal tersebut merupakan sinyal ada yang tidak beres di oli mesin mobil.

Artinya, pasokan oli tidak cukup melumasi bagian mesin mobil. Jika dipaksakan untuk terus melajukan mobil, ini akan sangat berbahaya bagi mobil.

Baca juga: Kenali Cairan yang Keluar dari Kolong Mobil Berdasarkan Warna

“Saat situasi itu terjadi lebih baik menepikan mobil, kalau mobil masih bisa melaju pelan, bisa cek ke bengkel terdekat. Namun, jika mesin tidak menyala panggil layanan bengkel ke lokasi mobil berada,” kata Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi beberapa waktu lalu pada Kompas.com.


Saat mobil telah menepi, periksalah potensi kebocoran oli mobil. Kolong mobil adalah bagian yang wajib diperiksa untuk memastikan apakah ada oli yang menetes dari bawah mesin.

Jika tidak ada kebocoran, tambahkan kapasitas oli hingga penuh sesuai ketentuan. Namun, bila lampu indikator mobil tetap menyala kendati telah ditambahkan oli, kemungkinan pompa oli alami masalah.

Proses penggantian oli transmisi matikDicky Aditya Wijaya Proses penggantian oli transmisi matik

Pompa oli sendiri berperan penting untuk mendorong oli mengalir dan melumasi mesin. Jika lampu oli mobil menyala ketika mobil melaju, artinya tekanan oli mesin telah turun drastis.

Sementara itu, mesin mobil membutuhkan pasokan oli yang cukup untuk melumasi seluruh bagiannya. Mobil tidak boleh dibiarkan berjalan saat kekurangan oli.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Knalpot Mobil Keluar Air Tanda Kerusakan Mesin?

Bambang menyebutkan jika penyebab indikator oli mobil menyala saat mobil melaju bisa karena beberapa faktor. Mulai dari kebocoran, pompa tidak naik atau tidak jalan, kemudian kualitas oli sudah jelek.

“Kualitas oli yang sudah jelek biasanya mengental. Hal ini karena usia oli telah lama tidak pernah diganti,” ucap Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.