Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Coba Lakukan Ini Saat Auto Power Window Mobil Tidak Berfungsi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua mobil sudah dilengkapi electric power window untuk membantu membuka-tutup kaca . Pasalnya, fitur ini memang dibutuhkan pengemudi guna mempermudah menaikkan dan menurunkan kaca.

Sebagai contoh, ketika melewati beberapa persimpangan jalan, biasanya Anda mengulurkan tangan untuk memberi uang kepada tukang parkir. 

Cara tersebut tentu saja menjadi susah bila kaca mobil tidak dilengkapi dengan electric power window. Bahkan, di beberapa mobil juga sudah dilengkapi fitur auto power window; yaitu cukup menekan tombol sekali maka kaca akan bergerak secara otomatis sampai menutup atau membuka penuh.

Tentu cara tersebut lebih mudah, dan aman, karena jari tidak perlu menahan tombol beberapa saat sampai kaca benar-benar tertutup atau membuka penuh. Dengan demikian, Anda bisa fokus mengendalikan laju mobil.

Nah, hanya saja kadang auto power window ini tiba-tiba tidak berfungsi, biasanya setelah melakukan servis atau melakukan pelepasan terminal aki. Sehingga, diperlukan pengaturan ulang agar auto power window berfungsi normal kembali.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, auto power window memang memerlukan kalibrasi setiap periodikal tertentu atau setiap terjadi lost power dari aki.

“Iya, memang perlu direset, sebagai wujud kalibrasi. Caranya dengan menekan tombol power window sampai kaca menutup penuh dan tetap ditahan hingga 5 detik, lalu setelah itu diturunkan. Beberapa tipe mobil berhasil dengan menggunakan metode itu,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com.

Sebagai tambahan saja, perlu menyalakan mesin saat melakukan kalibrasi agar aki tidak tekor. Berhubung caranya yang mudah, Anda bisa melakukan kalibrasi di mana saja dan kapan saja.

Metode ini bisa berhasil dan bisa tidak, mengingat ragam mobil yang beredar di masyarakat begitu banyak. Terlebih lagi main switch atau saklar utama electric power window ini bisa rusak akibat bad connect atau sekadar kotor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/22/091200515/coba-lakukan-ini-saat-auto-power-window-mobil-tidak-berfungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke