Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Power WIndow Mendadak Macet, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 29/03/2022, 19:31 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Kaca jendela menjadi salah satu komponen yang ada di setiap mobil. Pada saat kondisi mobil bersuhu panas, membuka kaca mobil bisa menjadi pilihan.

Akan tetapi, kaca jendela mobil kerap sulit dibuka, atau beberapa kasus sulit di tutup. Hal ini biasanya bagian dari power window alami masalah. Power window merupakan tombol untuk membuka atau menutup kaca jendela pada mobil.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Siap Uji Coba Canter Listrik di Jabodetabek

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan jika komponen power window yang macet disebabkan oleh beberapa faktor.

“Jika kaca jendela macet, bisa dari karetnya yang kering,” katanya pada Kompas.com baru-baru ini. 

Didi menyebutkan jika power window terdiri dari komponen di power window, motor, regulator, karet rundoor glass, karet weather strip atau pelipit.

Sebuah mobil Bendahara SMA di Taraju Kabupaten Tasikmalaya dibobol maling dan uang operasional sebesar Rp 140 juta usai ditarik tunai di bank raib dibawa pelaku saat parkir di pinggir Jalan SL Tobing Kota Tasikmalaya, Selasa (29/3/2022).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Sebuah mobil Bendahara SMA di Taraju Kabupaten Tasikmalaya dibobol maling dan uang operasional sebesar Rp 140 juta usai ditarik tunai di bank raib dibawa pelaku saat parkir di pinggir Jalan SL Tobing Kota Tasikmalaya, Selasa (29/3/2022).

Saat bagian karet getas atau kering, maka performa dari power window akan menurun. Pada saat itu kaca jendela mobil menjadi seret saat naik turun.

Hal ini biasanya disebabkan oleh usia dari mobil yang sudah tidak lagi muda. Seiring bertambahnya usia kendaraan, maka lambat laun karet pada power window keras dan getas.

Baca juga: Terjadi Lagi, Pengemudi Mobil Ugal-ugalan Pakai Strobo

Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi ini, baiknya pemilik mobil rutin membersihkan karet yang ada di komponen kaca jendela mobil. Selain itu, gunakan silicone spray untuk melumasi karetnya.

“Cek motor power window apakah lemah atau tidak, dan cek regulator power window apakah giginya sudah aus atau tidak,” tutup Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com