Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Power Window Mobil Macet

Kompas.com - 30/03/2022, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com — Pada mobil-mobil keluaran terbaru, tombol power window hadir untuk melengkapi kendaraan. Power window pada mobil menggantikan peran dari tuas putar di mobil untuk menaikan dan menurunkan kaca mobil.

Akan tetapi, permasalahan yang kerap dihadapi yaitu power window yaitu tidak berfungsi dengan baik atau macet. Alhasil, kaca jendela mobil akan sulit dinaikan atau diturunkan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengatasi power window yang macet.

Baca juga: Bahaya Mengintai Bila Malas Melihat Kaca Spion Mobil

“Kalau seret coba dibantu dengan tangan untuk menaikan kaca, lalu dibawa ke bengkel untuk diperiksa. Bila macet, coba dilumasi dulu karet rundoor glass-nya,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Pada power window terdiri atas beberapa komponen yaitu motor, regulator, karet rundoor glass, karet weather strip atau pelipit.

Bila alami kondisi macet, ini dapat disebabkan oleh karet yang sudah kering. Oleh sebab itu kaca menjadi seret saat naik turun.

Sebuah mobil Bendahara SMA di Taraju Kabupaten Tasikmalaya dibobol maling dan uang operasional sebesar Rp 140 juta usai ditarik tunai di bank raib dibawa pelaku saat parkir di pinggir Jalan SL Tobing Kota Tasikmalaya, Selasa (29/3/2022).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Sebuah mobil Bendahara SMA di Taraju Kabupaten Tasikmalaya dibobol maling dan uang operasional sebesar Rp 140 juta usai ditarik tunai di bank raib dibawa pelaku saat parkir di pinggir Jalan SL Tobing Kota Tasikmalaya, Selasa (29/3/2022).

Saat power window bermasalah, segera untuk bersihkan komponen karet dan gunakan silicone spray untuk melumasi karetnya.

Kemudian, periksa komponen motor power window apakah lemah atau tidak. Juga, periksa juga regulator power window apakah giginya sudah aus atau tidak.

Baca juga: Federal Oil Banyak Digemari Gen Z di Tanah Air

Apabila cara-cara tidak berhasil, membawa ke ahlinya untuk perbaikan adalah solusi terakhir. Untuk biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan power window, tergantung dari apa yang diganti.

“Kalau motornya mahal, regulator juga mahal, mungkin jika penggantian karet-karet lebih murah dari penggantian motor dan regulator,” kata Didi.

Kondisi power window yang sulit digunakan ini umumnya berpengaruh pada usia mobil. Biasanya komponen karet lambat laun akan keras dan getas.

Hal ini juga semakin didukung dengan faktor lain seperti kondisi cuaca, pemakaian dan cara parkir kendaraan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com