Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Power Window Mobil Macet? Coba Lakukan Ini

Kompas.com - 12/04/2022, 16:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Kaca jendela menjadi salah satu komponen penting dari mobil. Pada Beberapa kondisi, penumpang atau pengemudi mobil akan membuka kaca jendela mobil. 

Agar fitur mobil menunjang kenyamanan penggunannya, setiap kaca jendela di mobil dilengkapi dengan tombol power window. Namun power window yang macet kerap menjadi permasalahan kendaraan roda empat.

Baca juga: Rapor Penjualan Mobil Baru Maret 2022, Torehkan Hasil Positif

Tombol power window yang macet akan sulit untuk digunakan. Karena tidak berfungsi, pada saat tombol power window ditekan kaca mobil tidak mau naik atau turun.

Dealer Technical Support Dept. Head PT TAM, Didi Ahadi mengatakan ada beberapa cara yang harus dilakukan saat power window tiba-tiba macet.

“Saat tombol power window macet, coba dilumasi dulu karet rundoor glassnya menggunakan silicone spray,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Power window macet saat berada di Taman SafariTiktok.com/nitraarhma Power window macet saat berada di Taman Safari


Pada power window terdapat beberapa komponen penting untuk beroperasi. Apabila salah satu komponen alami masalah, maka power window tidak akan berfungsi.

Komponen-komponen yang di pawer di power window yakni motor, regulator, karet rundoor glass, karet weather strip atau pelipit. Biasanya, pada kasus power window yang macet disebabkan kerena komponen yang terbuat dari karet sudah kering.

Baca juga: Mengenal Bahaya Loose Object pada Keselamatan Berkendara di Mobil

Karena komponen karet kering, kaca mobil menjadi sulit naik atau turun. Oleh karena itu, silicone spray dapat digunakan untuk melumasi karet-karet yang mulai getas. Dengan begitu, power window tidak akan macet lagi.

“Kalau masih seret coba dibantu dengan tangan. Cobalah untuk menaikan atau menurunkan kaca. Apabila tidak bisa juga, dibawa ke bengkel untuk diperiksa,” ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com