Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mulai Mengumbar Bocoran Motor Baru ADV 160

Kompas.com - 21/06/2022, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumors soal kehadiran model baru Honda ADV 160 tampaknya bakal menjadi kenyataan. Skutik adventure ini tampaknya sudah siap untuk meluncur dalam waktu dekat.

Dilansir dari Instagram @welovehonda_id (20/6/2022), saluran sosial media resmi PT Astra Honda Motor (AHM), terlihat bocoran gambar siluet motor baru skutik. Belum diketahui dengan jelas motor apa pada siluet tersebut.

Namun yang pasti, terlihat lampu utama dengan desain yang belum pernah ada pada motor Honda saat ini. Berikut juga jok motor yang tampak memanjang ke belakang, dilengkapi behel belakang model terpisah.

Baca juga: Mobil Listrik Wuling Sudah Bisa Dipesan, Kisaran Harga Rp 200 Jutaan

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT. Astra Honda Motor (@welovehonda_id)

Samar-samar terlihat juga ujung knalpot di bagian belakang, dan windshield yang cukup tinggi di depan.

Pengumuman Penting !! Brosis, bakal ada yang seru di Juni ini lho! MinHo spill clue pertama dulu ya,” tulis keterangan gambar tersebut.

Ketika ditanya soal ini, GM Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin tidak menampik kabar mengenai adanya calon produk baru pada bulan ini.

Baca juga: Daftar Polda yang Sudah Menerapkan Tilang Elektronik

Ilustrasi calon motor baru Honda ADV 160MOTOBLAST.org Ilustrasi calon motor baru Honda ADV 160

“Kita tunggu bareng-bareng ya, biar seru,” ujar Muhibbuddin, kepada Kompas.com (20/6/2022).

Sebelumnya, kabar kehadiran Honda ADV 160 sudah diisukan bakal hadir pada 2022. Skutik adventure ini kabarnya mendapat sejumlah ubahan dari sisi desain dan dapur pacu.

Seperti diketahui, Honda telah menghadirkan Vario 160 yang dibangun berdasarkan PCX 160. Opsi kelahiran ADV 160 bakal mengacu pada PCX 160 juga, pasalnya konsep common parts sharing pada level manufaktur sudah lazim dilakukan semua pabrikan otomotif.

Baca juga: Lihat Betapa Bahayanya Jalan Tol di Indonesia

Jika benar demikian, All New ADV 160 akan menggunakan mesin yang sama dengan kode eSP+, yaitu peningkatan jumlah klep dari 2 klep menjadi 4 klep.

Kemudian, peningkatan juga terlihat dari kapasitas mesin, dari sebelumnya 149 cc menjadi 157 cc, dengan ukuran (bore x stroke) 60,0 x 55,5 mm, serta rasio kompresi 12:1.

Mengacu spesifikasi di atas kertas, tenaga mesin tersebut bisa mencapai 15,8 tk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 15 Nm pada 6.500 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com