Kompas.com - 20/06/2022, 17:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu modifikasi yang biasa dilakukan para pemilik kendaraan roda dua ialah mengubah warna bodi alias repaint. Sehingga, tampilan motor kesayangan menjadi lebih berkarakter dan berbeda.

Namun untuk melakukan perubahan tersebut bukanlah persoalan mudah. Pasalnya, banyak bengkel serupa di pasaran yang menawarkan beragam gimmick dan kelebihan seperti berharga miring alias murah.

Tapi soal kecepatan dan kepresisian, belum tentu baik. Dengan celah ini, hadirlah Laser Painting Indonesia sebagai pilihan tempat repainting motor yang berlokasi di Ruko Asia Tropis AT15 no 53-55, Harapan Indah, Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Hyundai Stargazer Rp 5 Juta

Pilihan cat motor di Laser Painting IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Pilihan cat motor di Laser Painting Indonesia

Dijelaskan Pemilik Laser Painting Indonesia, Marco Chendra menjelaskan nama Laser digunakan karena berkaitan dengan teknik menghilangkan atau membersihkan karat pada motor yang dimiliki sebelum dicat.

"Teknik yang kami miliki spesial menggunakan laser sehingga karat dapat hilang dengan cepat dan mudah, tak perlu ditunggu lama. Sampai proses selesai, mungkin tiga jam saja tergantung jenis motor dan kondisinya," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022) sore.

Selain itu jasa andalan lain dari bengkel Laser Painting Indonesia adalah repaint body dan juga repaint pelek motor dengan teknik dan cat spesial.

"Kita beri nama teknik itu speed painting, yakni pengerjaan hanya butuh waktu tiga jam saja body atau pelek yang dicat sudah selesai," ujarnya.

Baca juga: Evaluasi Mudik 2022, Angka Kecelakaan Diklaim Turun 45 Persen

Proses penghilangan karat di Laser Painting IndonesiaKOMPAS.com/Ruly Proses penghilangan karat di Laser Painting Indonesia

Seluruh proses tersebut, kata Marco, menggunakan angin karena tidak bisa memuai. Kemudian, angin yang dihasilkan kompressor dialirkan ke refrigerated air dryer agar kadar air menurun sampai 15 persen.

Apabila angin langsung dari kompressor digunakan untuk mengecat bodi atau pelek motor, kandungan air dapat mencapai 50 persen. Sementara air bisa membuat pengecatan tidak maksimal.

"Musuh bengkel painting itu nomor satu ialah air. Apabila kadar air masih tinggi hasil pengecatan tidak akan maksimal seberapa bagusnya material yang dipakai," ucap dia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Laser Painting Indonesia (@laserpaintingindonesia)

Adapun cat yang digunakan, seluruhnya memakai merek Upol yang punya basecoat bersifat anti gores. Membuat hasil pengecatan terlihat premium.

Soal harganya, Marco tidak bisa memastikan karena sangat tergantung pada jenis motor, dimensi kendaraan, kondisi komponen, dan lain-lain. Tapi sebagai patokkan, bisa dimulai dari Rp 250.000.

"Kalau part-part sudah banyak dempul, ada stiker, itu butuh proses lagi. Tentu akan memakan dana yang lebih besar daripada yang sudah clear dan dicopot part-partnya," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.