Impresi Perdana Suzuki Ertiga Hybrid, Responsif dari Putaran Awal

Kompas.com - 20/06/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menghadirkan mobil keluarga yang menggunakan teknologi hibrida untuk pasar dalam negeri melalui model terlarisnya, Ertiga.

Tersedia di dua varian teratas, yakni GX dan SS, secara sepintas memang tampak tidak ada perubahan yang signifikan dari model konvensionalnya. Bila dicari-cari, hanya indikator pada MID saja yang sedikit bertambah.

Namun ketika dikendarai, perbedaan benar-benar terasa. Tidak heran bila perseroan mengundang beberapa media untuk melakukan first impresion atas mobil ini di pabrik Suzuki di Cikarang, Jawa Barat jelang peluncuran.

Baca juga: Tenaga Tidak Bertambah, Ini Cara Kerja Suzuki Ertiga Smart Hybrid

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Ertiga Hybrid

Perasaan tersebut dirasakan redaksi Kompas.com usai mencoba mobil di sirkuit buatan yang disediakan Suzuki Indonesia itu dengan jatah dua lap karena harus bergantian dengan media lain.

Fokus pengujian ialah kemampuan Ertiga Hybrid untuk menanjak (uji hill start assist/HSA), akselerasi, dan kecepatan puncak (120 kpj).

Mengingat, produk ini disematkan teknologi Integrated Starter Generator (ISG) yang dikombinasikan dengan mesin pembakaran dalam dan baterai lithium-ion.

Membuat, Ertiga jadi lebih stabil dalam hal kecepatan serta meminimalisir tenaga yang terbuang saat melakukan perlambatan (deselerasi). Hal ini bisa pengemudi lihat secara jelas pada indikator baru di layar MID.

Baca juga: Tenaga Tak Bertambah, Bobot Suzuki Ertiga Hybrid Justru Naik

Suzuki Ertiga HybridSIS Suzuki Ertiga Hybrid

Kembali ke pengujian mobil, tidak ada masalah sama sekali ketika Ertiga Hybrid melintasi simulasi jalanan menanjak dan terjebak macet di sana. Pasalnya fitur HSA berkerja optimal meski bobot mobil bertambah hingga 29 Kg.

Setelah dari sana, kami pun langsung merasakan akselerasi mobil di trek lurus yang dimulai dari menginjak pedal secara perlahan.

Sontak, tenaga yang dihasilkan dari mesin K15B Ertiga sebesar 102 Tk dan torsi 138 Nm begitu terasa. Bahkan hampir tidak ditemukannya delay atau lemot.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.