Ditanya Seberapa Irit BBM Ertiga Hybrid, Ini Jawaban Suzuki?

Kompas.com - 13/06/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi menghadirkan Ertiga Hybrid sebagai low multi purpose vehicle (LMPV) elektrifikasi pertama. Bahkan menjadi yang termurah untuk saat ini.

Seperti diketahui, salah satu hal yang ditonjolkan pada produk-produk elektrifikasi adalah sisi efisiensi bahan bakar, tak heran kebanyakan mengklaim sebagai kendaraan ramah lingkungan lantaran bisa menekan gas buang.

Demikian juga untuk Ertiga Hybrid, tak sedikit yang penasaran soal berapa rata-rata konsumsi bahan bakarnya, dan apakah lebih irit dari Ertiga versi konvensional?

Baca juga: Simulasi Kredit Suzuki Ertiga Hybrid, Cicilan Mulai Rp 6 Jutaan

Menjawab pertanyaan tersebut, Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS menjelaskan, pengujian konsumsi bahan bakar bisa memiliki hasil yang tak sama dikarenakan beberapa faktor. Dari proses pengujian, kondisi, dan lainnya.

"Maka dari itu kami sangat senang jika rekan-rekan (media) nantinya yang membantu kami dalam melakukan uji efisiensinya dan membuktikan langsung dengan kondisi dan cara berkendara," ujar Donny, beberapa waktu lalu saat seremini peluncuran Ertiga Hybrid di Jakarta.

Dalam beberapa waktu mendatang kita akan melakukan media test drive dan bisa membuktikan efisiensi bahan bakarnya," katanya.

Namun demikian, sebelumnya dalam kesempatan berbeda Donny mengatakan, adanya teknologi Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai lithium-ion sebagai pendamping dari mesin K15B, memberikan pengaruh pada sisi penggunaan bahan bakar Ertiga Hybrid.

Donny menjelaskan, peran ISG dan baterai lithium-ion membuat beban kerja mesin jadi lebih ringan yang mereduksi penggunaan bahan bakar.

Baca juga: Berapa Harga Baterai dan Biaya Servis Suzuki Ertiga Hybrid?

Indikator Smart Hybrid pada Ertiga terbaru KOMPAS.com/Ruly Indikator Smart Hybrid pada Ertiga terbaru

 

Apalagi ditambah dengan beberapa fitur yang dihadirkan, seperti Auto Start-Stop untuk mematikan mesin saat kendaraan berhenti, dan acceleration assist guna menambah daya lithium-ion ke motor.

Bila dibandingkan Ertiga konvensional, diklaim kisaran rata-rata bahan bakar dari model Hybrid berada di atas 15 kilometer per liter, atau satu liter bensin yang digunakan bisa untuk menempuh jarak lebih dari 15 km.

"Dengan menggunakan teknologi smart hybrid, konsumsi bahan bakar akan berbeda dengan model sebelumnya terutama dalam kondisi stop-and-go atau macet," ujar Donny.

Baca juga: Pabrik Vespa di Indonesia Akan Beroperasi Akhir Tahun 2022

Suzuki Ertiga Smart HybridSIS Suzuki Ertiga Smart Hybrid

"Tapi besaran efisiensinya, kita tidak bisa menyebutkannya. Nanti teman-teman media langsung mengujinya dalam kesempatan yang kami siapkan. Kalau pada 2018 lalu, rata-rata konsumsi BBM mesin konvensional 15 kpl," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.