Toyota Tergoda Bikin Mobil Listrik bZ4X Versi GR

Kompas.com - 17/06/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota memiliki divisi balap, yakni Gazoo Racing (GR). Dengan adanya mobil listrik bZ4X, GR Sport tertarik juga untuk bikin mobil listrik berperforma tinggi.

Para teknisi Toyota sedang melakukan riset mendalam terhadap adanya kemungkinan membuat SUV elektrik bZ4X dengan label GR Sport. Namun, para teknisi masih belum mau berkomitmen sampai benar-benar yakin hal tersebut memungkinkan.

Baca juga: Toyota bZ4x Sudah Tiba di Indonesia, Persiapan untuk G20

Sebelumnya, Toyota sudah memamerkan konsep bZ4X GR Sport pada ajang Tokyo Auto Salon, pada Januari 2022. Mobil konsep tersebut dipamerkan tanpa penjelasan soal spesifikasinya.

Ilustrasi Toyota bZ4XToyota Global Ilustrasi Toyota bZ4X

Tapi, divisi GR Sport Toyota yang mengembangkan GR Yaris, tertarik untuk benar-benar membuat mobil listrik tersebut dengan performa yang tinggi.

"Kami berbicara dengan teman-teman di GR, tapi itu ide tersebut masih belum konkret," ujar Daisuke Ido, kepala teknisi bZ4X, dikutip dari Autocar.co.uk, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Toyota Kasih Sinyal Mau Jual Mobil Listrik bZ4X di Indonesia

Ido mengatakan, tantangan terbesar dalam mengembangkan varian performa bukanlah meraih kecukupan tenaga atau torsi dari powertrain elektrik. Tapi, memastikan bagaimana kendali dan performa yang ditawarkan sejajar dengan model GR Toyota lainnya.

Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama SubaruToyota Global Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama Subaru

"Itu menjadi tantangan, selalu. Kami bisa mengendalikan profil apa pun dengan baterai EV. Jadi, feeling itu sangat penting, dan kami harus membuat bagaimana bisa menyajikan tenaga yang lebih besar dengan mekanisme yang sama. Itu tantangannya," kata Ido.

Sport utility vehicle (SUV) listrik bZ4X merupakan model produksi pertama yang menggunakan platform terbaru Toyota, yakni E-TNGA. Mobil tersebut dibekali motor yang mampu menghasilkan tenaga setara dengan 201 tk untuk motor tunggal dan 215 tk untuk motor ganda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.