Toyota Kasih Sinyal Mau Jual Mobil Listrik bZ4X di Indonesia

Kompas.com - 15/04/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya angkat bicara soal kejelasan mobil listrik terbarunya, bZ4X, untuk pasar Indonesia.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmy Suwandy, memberikan sinyal kuat soal rencana pemasaran mobil listrik murni yang memiliki visual cukup futuristik tersebut.

"Ini sudah on going, kami sedang mendiskusikan, soal nanti bagaimana pemasarannya, detail penjualan, dan sebagainya. Tunggu lah, pada saatnya kami akan informasikan," ujar Anton, dalam acara virtual Ngabuburit bersama Toyota, Kamis (14/4/2022).

Baca juga: Duet All New Avanza dan Veloz Mendominasi Penjualan Toyota

Anton menjelaskan, pihaknya saat ini masih fokus dalam mempersiapkan kebutuhan unit bZ4X untuk keperluan transportasi para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Setidaknya dibutuhkan 140-an unit bZ4X yang secara bertahap akan didatangkan ke Indonesia sebelum KKT G20 dimulai pada November mendatang.

Lebih lanjut Anton mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang jadi pembahasan untuk memasarkan bZ4X di Tanah Air. Salah satunya terkait kesiapan pendukung.

Baca juga: Arus Mudik, One Way dari Tol Jakarta-Cikampek sampai Kalikangkung

"Ini tidak hanya masalah mengimpor mobil , tapi juga mempersiapkan semuanya. Dari masalah infrastruktur aftersales, suku cadang, kemudian juga masalah charging, dan fasilitas yang ada. Termasuk training driver, mekanik, dan sebagainya," ujar Anton.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

"Jadi saat ini kami  fokus pada G20 karena even ini yang sangat penting dan jadi kebanggaan Indonesia. Kami sudah membicarakan soal kebutuhan unit yang sekitar 140-an, dan nanti secara bertahap masuk Indonesia sebelum G20," katanya.

Crossover bertenaga listrik yang merupakan produk kolaborasi bersama Subaru, hadir dengan motor listrik bertenaga 204 tk dan torsi 265 Nm. Menggunakan baterai lithium-ion 71,4 kWh, bZ4X diklaim mampu menempuh jarak 450 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.