Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Masuk Indonesia, Toyota Masih Merahasiakan Masa Depan bZ4X

Kompas.com - 28/03/2022, 08:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan membawa mobil listrik terbarunya, bZ4X sebagai kendaraan deligasi pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Nusa Dua, Bali, November 2022 mendatang.

Tak tanggung-tanggung, dikabarkan bila TAM telah menyiapkan sebanyak 143 unit bZ4X selama perhelatan tersebut. Mobil semuanya diimpor utuh (compltely built-up/CBU) dari Jepang.

Sehingga, total ada 656 mobil listrik yang bakal digunakan deligasi, yang terdiri dari Genesis G80 123 unit, Hyundai Ioniq 5 sebanyak 226 unit, dan Toyota bZ4X 143 unit.

Baca juga: Polisi Sebut Ambulans Kosong Tetap Dapat Prioritas di Jalan Raya

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

"Toyota akan support selalu pemerintah, khususnya di Event G20 melalui kendaraan listrik bZ4X," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy kepada Kompas.com, Sabtu (27/3/2022).

Namun, Anton belum bisa merinci lebih lanjut rencana dukungan tersebut. Termasuk keberlanjutannya ketika pelaksanaan G20 selesai, apa nantinya akan ditawarkan juga ke pasar dalam negeri atau tidak.

"Ditunggu saja, saya belum bisa katakan sekarang," lanjutnya.

Diketahui bahwa bZ4X merupakan crossover bertenaga listrik baru dari Toyota yang berkolaborasi dengan Subaru, yang menerapkan filosofi e-TNGA.

Dari spesifikasi resmi, crossover listrik murni ini dibekali motor listrik bertenaga 204 Tk dan torsi puncak 265 Nm dengan memanfaatkan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh.

Baca juga: Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota bZ4X, Jadi Kendaraan Delegasi G20

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Mobil akan tersedia dalam dua pilihan, yaitu penggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD) dan semua roda alias All Wheel Drive (AWD).

Pada versi FWD dikatakan tenaganya mencapai dapat 150 kW sementara AWD 160 kW. Keduanya sama-sama menggendong baterai lithium-ion yang diletakkan secara rata di lantai mobil dengan tegangan total 355 volt.

Disebutkan juga bila baterai mobil dapat terisi hingga 80 persen dalam 30 menit dan mampu melaju sampai 450 km dalam sekali pengisian penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com