Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bZ4x Sudah Tiba di Indonesia, Persiapan untuk G20

Kompas.com - 15/05/2022, 12:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bahwa kendaraan listrik terbaru dari Toyota bZ4X sudah tiba di Tanah Air sebagai bagian dari persiapan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Meski belum dipastikan jumlahnya (yang datang saat ini), langkah terkait merupakan wujud dari keseriusan perseroan untuk menyambut era elektrifikasi di dalam negeri.

Adapun kepastian Toyota Indonesia ini, menyusul suatu bocoran gambar yang diterima oleh redaksi Kompas.com, yang memperlihatkan bahwa kendaraan tersebut sedang ditowing menuju suatu tempat.

Baca juga: Bocoran Harga Suzuki Ertiga Smart Hybrid, Mulai Rp 270 Jutaan

Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama SubaruToyota Global Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama Subaru

"Benar (bZ4X sudah tiba di Indonesia), ini bagian dari persiapan G20. Masih sebagian dulu karena masuknya bertahap," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy ketika dikonfirmasi redaksi, Minggu (15/5/2022).

Diketahui sebelumnya, Toyota memastikan akan menghadirkan sebanyak 143 unit bZ4X untuk digunakan sebagai salah satu kendaraan mengawal perhelatan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Mobil akan dibawa secara utuh dari Jepang alias Completely Built-up (CBU).

"Mengenai yang lain, kami masih bicarakan, terkait kapan, kemudian detailnya, cara menjualnya, dan lain sebagainya, nanti ditunggu saja, pasti akan kami informasikan," sambung Anton.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Sebagai catatan, pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri adalah singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Sekali isi penuh baterai, mobil listrik ini bisa menjangkau jarak 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD.

Baterainya mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.

Baca juga: Stargazer Makin Sering Seliweran di Jalan, Ini Kata Hyundai

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Dalam hal tenaga, Toyota bZ4X FWD hadir dengan motor listrik tunggal yang dipasang di depan. Motor listrik itu bisa menghasilkan tenaga hingga 201 dk. Akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 8,4 detik.

Sementara varian AWD dibekali dua motor listrik di depan dan belakang. Masing-masing bisa menghasilkan 107 dk dengan output gabungan 215 dk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com