Toyota bZ4x Sudah Tiba di Indonesia, Persiapan untuk G20

Kompas.com - 15/05/2022, 12:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memastikan bahwa kendaraan listrik terbaru dari Toyota bZ4X sudah tiba di Tanah Air sebagai bagian dari persiapan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Meski belum dipastikan jumlahnya (yang datang saat ini), langkah terkait merupakan wujud dari keseriusan perseroan untuk menyambut era elektrifikasi di dalam negeri.

Adapun kepastian Toyota Indonesia ini, menyusul suatu bocoran gambar yang diterima oleh redaksi Kompas.com, yang memperlihatkan bahwa kendaraan tersebut sedang ditowing menuju suatu tempat.

Baca juga: Bocoran Harga Suzuki Ertiga Smart Hybrid, Mulai Rp 270 Jutaan

Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama SubaruToyota Global Basis mobil listrik Toyota bZ4X dibuat bersama Subaru

"Benar (bZ4X sudah tiba di Indonesia), ini bagian dari persiapan G20. Masih sebagian dulu karena masuknya bertahap," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy ketika dikonfirmasi redaksi, Minggu (15/5/2022).

Diketahui sebelumnya, Toyota memastikan akan menghadirkan sebanyak 143 unit bZ4X untuk digunakan sebagai salah satu kendaraan mengawal perhelatan KTT G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Mobil akan dibawa secara utuh dari Jepang alias Completely Built-up (CBU).

"Mengenai yang lain, kami masih bicarakan, terkait kapan, kemudian detailnya, cara menjualnya, dan lain sebagainya, nanti ditunggu saja, pasti akan kami informasikan," sambung Anton.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Sebagai catatan, pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri adalah singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.