Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengemudi Pemula, Jangan Pindah Tuas Transmisi Matik ke N di Turunan

Kompas.com - 14/06/2022, 10:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

,

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang menurun sering dianggap sebagai medan yang menguntungkan bagi pengendara yang mengincar efisiensi konsumsi bahan bakar. Sehingga tak jarang pengendara mencoba berbagai trik agar lebih bisa menghemat bahan bakar.

Masalahnya, tidak semua trik bisa dilakukan karena gagal paham dan berujung bahaya.

Terutama bagi para pengemudi pemula yang belum terbiasa mengemudikan mobil matik alias transmisi otomatis.

Salah satunya, kebiasaan memindahkan posisi tuas matik ke N pada mobil manual, saat melalui jalan menurun demi bisa menghemat bahan bakar.

Persepsi itu dibantah tegas oleh Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis, Hermas Efendi Prabowo. Pasalnya menurut dia memindahkan tuas transmisi ke posisi N di turunan malah berbahaya dan tidak efektif sama sekali.

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah

 

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik- Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

“Itu malah berbahaya. Dalam sisi engine brake memang transmisi matik tidak ada, maksudnya mau N atau D di jalanan menurun itu sama-sama nggelinding. Tapi masalahnya nanti kalau mau masuk ke D lagi, syaratnya kan harus berhenti, putaran mesin idle” ujar Hermas kepada Kompas.com Senin (13/6/2022)

Menurut dia, memindahkan tuas transmisi matik ke N merupakan hal yang sia-sia, malah berakibat fatal. Sedangkan bila tuas matik tetap di D itu malah lebih enak, tidak perlu memikirkan kapan saat yang tepat dan aman untuk memindahkan tuas lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com