Pengemudi Pemula, Jangan Pindah Tuas Transmisi Matik ke N di Turunan

Kompas.com - 14/06/2022, 10:22 WIB

,

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang menurun sering dianggap sebagai medan yang menguntungkan bagi pengendara yang mengincar efisiensi konsumsi bahan bakar. Sehingga tak jarang pengendara mencoba berbagai trik agar lebih bisa menghemat bahan bakar.

Masalahnya, tidak semua trik bisa dilakukan karena gagal paham dan berujung bahaya.

Terutama bagi para pengemudi pemula yang belum terbiasa mengemudikan mobil matik alias transmisi otomatis.

Salah satunya, kebiasaan memindahkan posisi tuas matik ke N pada mobil manual, saat melalui jalan menurun demi bisa menghemat bahan bakar.

Persepsi itu dibantah tegas oleh Pemilik Worner Matic bengkel spesialis transmisi otomatis, Hermas Efendi Prabowo. Pasalnya menurut dia memindahkan tuas transmisi ke posisi N di turunan malah berbahaya dan tidak efektif sama sekali.

Baca juga: Cara Benar Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Lampu Merah

 

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik- Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

“Itu malah berbahaya. Dalam sisi engine brake memang transmisi matik tidak ada, maksudnya mau N atau D di jalanan menurun itu sama-sama nggelinding. Tapi masalahnya nanti kalau mau masuk ke D lagi, syaratnya kan harus berhenti, putaran mesin idle” ujar Hermas kepada Kompas.com Senin (13/6/2022)

Menurut dia, memindahkan tuas transmisi matik ke N merupakan hal yang sia-sia, malah berakibat fatal. Sedangkan bila tuas matik tetap di D itu malah lebih enak, tidak perlu memikirkan kapan saat yang tepat dan aman untuk memindahkan tuas lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.