Menakar Kemungkinan Vespa Elettrica Jadi Buatan Indonesia

Kompas.com - 14/06/2022, 10:02 WIB

BADUNG, KOMPAS.com - PT Piaggio Indonesia (PID) menargetkan operasional pabrik baru yang berada di kawasan Cikarang, Jawa Barat dimulai akhir tahun ini. Pada tahap awal, brand Vespa yang akan lebih dahulu masuk jalur perakitan.

Meski belum dinyatakan model atau serinya, diharapkan langkah tersebut mampu meningkatkan penetrasi bisnis perseroan di Indonesia.

Lantas, melihat dengan perkembangan sektor otomotif Indonesia, adakah kemungkinan pabrikan asal Italia itu memproduksi sepeda motor listrik, andalan Vespa Elettrica?

Baca juga: Cetak Rekor, Vespa World Days Jadi Atraksi Pariwisata Menarik di Bali

New Vespa ElettricaFoto: Motorcycle.com New Vespa Elettrica

Mengingat, tren kendaraan listrik di dalam negeri, termasuk kendaraan roda dua kini sedang dalam perkembangan. Terbukti cukup banyak brand yang sudah bermunculan mulai dari buatan lokal sampai China.

Semuanya, mengincar ceruk pasar baru yaitu motor dengan tanpa emisi atau ramah lingkungan.

"Tidak ada batasan untuk apa yang bisa kita lakukan karena kita punya kapabilitas dan lokasi. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana menjalankan rencana tersebut," kata Managing Director & Country CEO PID, Marco Noto La Diega di Nusa Dua, Bali, belum lama ini.

"Kita tidak melakukan sesuatu dengan terburu-buru dan kita melakukan sesuatu dengan benar ketika semua yang dibutuhkan sudah ada," ucap dia, melanjutkan.

Baca juga: Pabrik Vespa di Indonesia Akan Beroperasi Akhir Tahun 2022

Beragam aspek yang dibutuhkan dimaksud, ialah jaringan, produk, serta teknisi dan infrastruktur pendukung. Sebab, kendaraan listrik merupakan suatu hal yang baru sehingga perlu dipikirkan matang-matang.

Namun ia mengakui industri kendaraan listrik menjadi hal yang menarik. Sehingga, perseroan kerap menaruh perhatian lebih terhadapnya agar mendapatkan perencanaan terbaik.

"Yang dibutuhkan tak hanya pabrik yang dibutuhkan tetapi juga jaringan, produk, dan teknisi. Jadi ditunggu saja," kata Marco.

Baca juga: Sisi Lain Vespa World Days 2022, Touring Jauh dan Tak Bisa Masuk Arena

Vespa Elettrica REDDok. Vespa Vespa Elettrica RED

Dalam kesempatan sama, ia mengatakan bahwa pihaknya akan memiliki produk edisi terbatas (limited edition) dan proyek untuk brand lainnya di bawah naungan Piaggio Group, yakni Piaggio, Moto Guzzi, dan Aprilia.

"Percayalah ini hanyalah permulaan. Akan ada banyak hal lainnya di waktu yang akan datang dan kami sangat bersemangat," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.