Seminggu Uji Coba, Ini Ruas Jalan dengan Pelanggaran Gage Tertinggi

Kompas.com - 14/06/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebelum resmi menerapkan kebijakan ganjil genap di 13 ruas jalan baru di DKI Jakarta pada 13 Juni 2022, Polda Metro Jaya sudah melakukan uji coba gage selama satu pekan pada 6-12 Juni yang lalu.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam mengatakan, mulai Senin (13/6/2022) penegakan hukum terhadap perluasan gage di 13 ruas jalan sudah mulai dilaksanakan penindakan baik tilang maupun ETLE.

“Tercatat hasil rekap pelanggaran gage masa uji coba tanggal 6-12 juni 2022, jumlah penindakan dengan teguran mencapai 1.764 kendaraan,” ujar Jamal, kepada wartawan (13/6/2022).

Baca juga: Ditanya Seberapa Irit BBM Ertiga Hybrid, Ini Jawaban Suzuki?

Bus Transjakarta melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka kapasitas angkut 100 persen dari sebelumnya dibatasi 70 persen seiring diturunkannya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota dari level 3 menjadi level 2.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Bus Transjakarta melintas di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, Selasa (29/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali membuka kapasitas angkut 100 persen dari sebelumnya dibatasi 70 persen seiring diturunkannya level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Ibu Kota dari level 3 menjadi level 2.

Jamal juga mengatakan, jumlah personel yang terlibat dari Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub DKI Jakarta mencapai 130 orang, yang dibagi dalam 2 shift, pagi (06.00-10.00) dan sore (16.00-21.00).

“Bagi ruas jalan gage yang sudah didukung oleh perangkat ETLE maka penindakan pelanggaran gage akan dilakukan penindakan oleh ETLE,” ucap Jamal.

“Sementara bagi ruas jalan yang belum didukung atau belum terdapat ETLE maka penindakan dilakukan secara tilang manual,” kata dia.

Baca juga: Cerita Pasangan Bule Italia Touring ke Bali demi Vespa World Days

Adapun dari 13 lokasi perluasan gage yang baru, terdapat 2 lokasi yang sudah didukung ETLE, yaitu Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Merdeka Barat.

“Sementara 11 lokasi ruas jalan yang lain belum ada ETLE yang artinya pengawasan dan penindakan Pelanggaran gage akan dilaksanakan dengan tilang manual,” kata Jamal.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Gerbang Tol yang Terkena Imbas Ganjil Genap

Sosialisasi ganjil-genap di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara, Rabu (5/8/2020)Sudin Kominfotik Jakarta Utara Sosialisasi ganjil-genap di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Utara, Rabu (5/8/2020)

Berikut ini 5 ruas jalan dengan pelanggaran gage paling tinggi selama masa uji coba:

1. Jalan Kramat Raya: 193 pelanggaran
2. Jalan Kyai Caringin: 190 pelanggaran
3. Jalan Pramuka: 179 pelanggaran
4. Jalan Gajah Mada: 169 pelanggaran
5. Jalan Balikpapan: 135 pelanggaran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.