Pahami Arti Lampu Indikator Suhu Mesin Mobil

Kompas.com - 05/06/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika seseorang duduk di bangku pengemudi, maka dia akan melihat banyak lampu indikator pada instrumen panel mobil.

Lampu-lampu tersebut berfungsi sebagai informasi kepada pengemudi tentang kondisi kendaraan pada saat itu.

Salah satu yang termasuk penting adalah lampu indikator suhu air pendingin. Lampu ini terletak di panel meter sebagai tanda apakah sistem pendinginan mesin berjalan normal atau ada kendala. Seperti yang dipahami, mesin memerlukan suhu kerja ideal untuk menjaga peforma.

Maka dari itu, memahami maksud lampu ini menjadi penting bagi pengemudi atau pemilik kendaraan.

Minimal, Anda menjadi mengetahui kondisi kendaraan lebih dini sehingga bisa mendapatkan penanganan lebih dini pula.

Baca juga: Deteksi Mobil Alami Overheat Saat Liburan, Jangan Sampai Terlambat

Dengan begitu, Anda dapat menjaga serta merawat kendaraan dengan maksimal. Bukankah setiap pengguna menginginkan mobil yang dikendarainya aman serta nyaman selama perjalanan? Nah, merawat adalah kuncinya.

Ilustrasi mobil mengalami overheatZulfana K. Rijal Ilustrasi mobil mengalami overheat

“Bila kunci kontak diputar ke posisi On, lampu ini menyala sebentar. Sehingga pengendara dapat memastikan apakah lampu bekerja,” ujar Riecky Patrayudha, Service Dept. Head 2W, 4W and Marine PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ini artinya, ketika kunci kontak diputar ke On tapi lampu indikator tidak menyala maka Anda perlu waspada karena pengendara menjadi tidak dapat mengetahui apakah sistem pendinginan mesin berjalan normal atau tidak.

Baca juga: Tidak Ada Indikator, Bagaimana Cara Tahu Mesin Mobil Alami Overheat?

Sebab, kendaraan yang tidak memiliki sistem pendiginan yang baik bisa mengalami overheat. Jika keadaan ini terus dipaksakan maka bisa berakibat fatal mulai dari rusaknya komponen sistem pendingin hingga komponen mesin.

“Lampu suhu cairan pendingin rendah (warna biru). Lampu ini terus menyala ketika mesin masih dingin dan mati jika mesin telah dipanaskan,” tambah Riecky.

Begitu mesin dinyalakan maka sewajarnya lampu indikator ini mati atau muncul lampu berwarna biru jika memang kondisi mesin masih dingin.

Baca juga: Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik, Lakukan Hal Ini

Sedangkan bila yang muncul atau berkedip adalah lampu indikator suhu air pendingin berwarna merah ketika mobil sedang berjalan, maka kemungkinan besar telah terjadi masalah. Ini menandakan mesin mengalami overheat atau panas berlebih.

Jika hal ini menimpa Anda, segera lah hentikan mobil dan hubungi bengkel kepercayaan guna menghindari kerusakan yang lebih parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.