Jangan Asal Pakai, Mesin Bensin dan Mesin Diesel Berbeda Olinya

Kompas.com - 27/05/2022, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mesin memiliki fungsi utama untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin. Meski demikian, oli terdiri berbagai jenis dan tipe.

Begitu pula dengan mesin, tipenya tidak hanya satu. Jika dibedakan dari bahan bakarnya, ada mesin bensin dan ada mesin diesel.

Baca juga: Penting, Nyalakan Mesin Mobil Selama 3 Menit buat Periksa Oli Mesin

Untuk itu, oli yang digunakan pun juga tidak bisa disamakan. Jika sembarang, bukan tidak mungkin justru komponen di dalam mesin malah mengalami kerusakan.

Ilustrasi ganti oliDeltalube Ilustrasi ganti oli

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan kadang ada yang menggunakan oli jenis mesin diesel untuk mobil mesin bensin.

Salah satu tujuannya adalah untuk memperhalus suara mesin. Sebab, tingkat kekentalan pelumas untuk mesin diesel berbeda dengan oli yang dikhususkan untuk mobil bensin.

Baca juga: Cara Benar Cek Oli Mesin Mobil, Nyalakan Mesin Dahulu Selama 3 Menit

“Yang sering dilakukan itu biasanya menggunakan oli mesin diesel untuk mobil bensin, agar suaranya lebih halus,” ujar Bambang, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Padahal, cara tersebut sangat tidak dianjurkan, mengingat dengan menggunakan pelumas yang memiliki tingkat kekentalan berbeda akan membuat kinerja mesin juga tidak maksimal. Dengan menggunakan oli yang lebih kental, mesin jadi harus bekerja lebih berat dari biasanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.