Kompas.com - 27/05/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang balap Formula E, pabrikan mobil yang berpartisipasi tidak banyak. Apalagi, untuk pabrikan asal Jepang, karena hanya ada Nissan.

Nissan sudah membalap di Formula E sejak 2018. Saat itu, Nissan masih bekerja sama dengan tim e.dams. Baru di 2022 ini, Nissan akhirnya mengakuisisi tim tersebut.

Pada Formula E, setiap tim akan menggunakan sasis yang sama. Untuk powertrain, akan dibebaskan pada setiap pabrikan.

Baca juga: Mobil Formula E Tiba di Jakarta, Bakal Dipamerkan di CFD

Pada 2018, Nissan menggunakan baterai Leaf yang ditingkatkan jarak dan tenaganya. Dengan begitu, akan memudahkan transfer teknologi dari ajang balap ke mobil jalanan.

Tim balap Nissan di Formula EDok. The-race.com Tim balap Nissan di Formula E

Artinya, jika nantinya ada terobosan teknologi yang didapat saat mengerjakan mobil Formula E, maka akan diaplikasikan juga pada mobil listrik produksi massal.

COO Nissan Ashwani Gupta mengatakan, pihaknya sudah menjalani balapan selama 85 tahun dan kemauan untuk menang yang membuatnya terus maju.

"Kami belajar sembari balapan, dan laju perkembangan teknologi tanpa henti yang mendorong kejuaraan Formula E akan memberi kami banyak peluang untuk menginformasikan dan mengembangkan mobil yang lebih baik lagi untuk pelanggan," ujar Gupta, dikutip dari The-race.com, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Sesi Foto Para Pebalap Formula E 2022 di Monas Tidak untuk Umum

Pada 2021, Nissan mengumumkan sudah berinvestasi sebesar 17,6 miliar USD pada pengembangan kendaraan elektrik yang baru dan teknologi baterai untuk lima tahun ke depan.

Nissan memiliki target untuk mengembangkan 23 kendaraan elektrifikasi pada 2030 dan memiliki kendaraan fleet elektrifikasi dengan jumlah 40 persen di Amerika dan China pada tahun yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.