Viral, Video Mobil Terbakar di SPBU Diduga gara-gara Salah Isi BBM

Kompas.com - 27/05/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar tayangan di media sosial mengenai kebakaran di SPBU Jalan Muhammad Hasan Desa Batoh, Banda Aceh.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok bernama @rezaelhakim.

Insiden itu berawal dari mobil yang alami kebakaran. Kebakaran mobil tersebut diduga terjadi akibat salah melakukan pengisian bahan bakar, seharusnya diisi solar diisi dengan Pertalite.

Akibat ngisi pertalite padahal mobil solar..,” ucap salah satu komentar warganet.

“Katanya mobil panther diisi pertalite, sangat mencurigakan,” tulis komentar lainnya.

Baca juga: Pengemudi Bus Belum Semua Paham Mengoperasikan Rem yang Benar

Terkait hal ini, Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga Taufikurachman mengatakan, pihaknya masih melakukan penyidikan terkait penyebab kebakaran, apakah benar karena mobil yang seharusnya diisi solar malah diisi dengan Pertalite.

“Penyebabnya masih dalam investigasi. Investigasi pihak berwenang,” ucap Taufikurachman, dikutip dari Kompas.com, Kamis (26/5/2022).

@rezaelhakim Kebakaran di SPBU Batoh Kota Banda Aceh #kebakaran #kotabandaaceh #spbu #fyp ? Sedih - Instrumental - Asraf Studio

Meski belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran pada mobil tersebut, ada baiknya pemilik kendaraan pahami dampak buruk mengisi bensin pada mobil diesel.

Service Head Auto2000 Bekasi Sapta Agung Nugraha mengatakan, mesin diesel tentunya memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin, maka tidak boleh salah sampai menggunakan bahan bakar.

“Mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin di mana untuk proses pembakarannya digunakan busi (spark plug). Sedangkan mesin diesel, cara kerjanya adalah dengan melakukan kompresi terhadap udara, selanjutnya udara bertekanan tinggi dan suhu tinggi dipicu pembakaran dengan solar,” ujar Sapta.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.