PLN Tambah SPKLU di Tangerang, Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 26/05/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) resmi membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Aeropolis, Tangerang, Banten, Rabu (25/5/2022).

Masyarakat yang berada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta kini tidak perlu resah kalau mau mengisi daya kendaraan bermotor listrik miliknya.

General Manager PLN UID Banten Sandika Alfianto mengatakan, pembangunan SPKLU Aeropolis merupakan murni investasi PLN sebagai wujud komitmen mendukung ekosistem kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

Baca juga: SPKLU di Sulawesi Siap Beroperasi, Ini Lokasinya

Peresmia SPKLU PLN di Aeropolis Tangerang, BantenDOK. PLN Peresmia SPKLU PLN di Aeropolis Tangerang, Banten

"Di wilayah Banten sendiri sebelumnya sudah ada empat SPKLU yang beroperasi, yaitu Mall Karawaci, superblok TangCity, AEON Mall BSD City dan Kantor PLN UID Banten,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (26/5/2022).

Stasiun yang dibangun di kawasan pertokoan di Aeropolis tersebut terdiri atas satu buah dispenser listrik untuk mobil dan satu swap baterai untuk tukar baterai motor.

Untuk dispenser listrik, terdiri atas tiga gun atau pintu listrik berbentuk tembakan untuk mengisi daya yang memiliki tipe yang berbeda-beda dengan kecepatan pengisian 2 jam untuk mengisi baterai yang kosong hingga penuh.

Baca juga: Viral Cuitan Netizen, Mobil Rem Blong Kenapa Tidak Matikan Mesin?


"Di unit SPKLU Aeropolis ini tersedia unit medium dan juga slow atau biasa disebut home charging, yang memiliki 3 pintu charging antara lain tipe AC 22 kW, DC 25 kW khusus Tesla, dan DC 25 kW," ujar Nong Kota Tangerang saat menjelaskan sekaligus memperagakan penggunaan SPKLU Aeropolis.

Sandika menyebut bahwa PLN berharap pembangunan ini dapat menjadi stimulus bagi masyarakat sehingga terdorong untuk beralih menggunakan kendaraan bebahan bakar listrik, demi membangun ekosistem ramah lingkungan dan zero emmision.

"PLN sebagai pelopor dan penugasan dari negara siap mendukung itu semua,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.