Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Tambah SPKLU di Tangerang, Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 26/05/2022, 15:00 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) resmi membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan Aeropolis, Tangerang, Banten, Rabu (25/5/2022).

Masyarakat yang berada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta kini tidak perlu resah kalau mau mengisi daya kendaraan bermotor listrik miliknya.

General Manager PLN UID Banten Sandika Alfianto mengatakan, pembangunan SPKLU Aeropolis merupakan murni investasi PLN sebagai wujud komitmen mendukung ekosistem kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

Baca juga: SPKLU di Sulawesi Siap Beroperasi, Ini Lokasinya

Peresmia SPKLU PLN di Aeropolis Tangerang, BantenDOK. PLN Peresmia SPKLU PLN di Aeropolis Tangerang, Banten

"Di wilayah Banten sendiri sebelumnya sudah ada empat SPKLU yang beroperasi, yaitu Mall Karawaci, superblok TangCity, AEON Mall BSD City dan Kantor PLN UID Banten,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (26/5/2022).

Stasiun yang dibangun di kawasan pertokoan di Aeropolis tersebut terdiri atas satu buah dispenser listrik untuk mobil dan satu swap baterai untuk tukar baterai motor.

Untuk dispenser listrik, terdiri atas tiga gun atau pintu listrik berbentuk tembakan untuk mengisi daya yang memiliki tipe yang berbeda-beda dengan kecepatan pengisian 2 jam untuk mengisi baterai yang kosong hingga penuh.

Baca juga: Viral Cuitan Netizen, Mobil Rem Blong Kenapa Tidak Matikan Mesin?


"Di unit SPKLU Aeropolis ini tersedia unit medium dan juga slow atau biasa disebut home charging, yang memiliki 3 pintu charging antara lain tipe AC 22 kW, DC 25 kW khusus Tesla, dan DC 25 kW," ujar Nong Kota Tangerang saat menjelaskan sekaligus memperagakan penggunaan SPKLU Aeropolis.

Sandika menyebut bahwa PLN berharap pembangunan ini dapat menjadi stimulus bagi masyarakat sehingga terdorong untuk beralih menggunakan kendaraan bebahan bakar listrik, demi membangun ekosistem ramah lingkungan dan zero emmision.

"PLN sebagai pelopor dan penugasan dari negara siap mendukung itu semua,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com