Kompas.com - 22/05/2022, 09:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Parkir merupakan aktivitas penting yang kerap disepelekan oleh pengendara mobil. Kendati banyak pemilik mobil yang mahir berkendara, namun tidak sedikit yang memarkirkan kendaraan dengan tidak tepat. 

Parkir mobil keadaan mundur menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa pengguna mobil matik. Minimnya kewaspadaan terhadap lingkungan membuat pengguna mobil matik sulit untuk memundurkan mobil dengan tepat.

Baca juga: Kendaraan Listrik Otonom Sudah Bisa Dicoba di Q Big BSD

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, baiknya saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem.

Jika di situasi yang membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

Seperti mengoperasikan mobil manual, pada saat akan parkir mundur, pengemudi mobil matik harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir.

Ilustrasi parkir mobil basementaceh.tribunnews.com Ilustrasi parkir mobil basement

Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan ataupun yang akan mengganggu pada saat kendaraan mundur. Kemudian, mata juga harus awas pada kaca spion.

Baca juga: Adab Mengisi Bensin Sepeda Motor di SPBU Self Service

Pengemudi juga dapat menggunakan teknologi yang ada di kendaraan seperti sensor parkir dan kamera mundur.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.