Toyota Luncurkan Kijang Innova Hybrid Akhir Tahun Ini?

Kompas.com - 22/05/2022, 07:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia saat ini sudah mulai memasuki era elektrifikasi. Toyota Indonesia pun menyatakan kesiapan untuk memulai produksi kendaraan listrik.

Hal ini dibuktikan dengan Kijang Innova EV Concept yang hadir pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu.

Indra Chandra, Project General Manager Toyota Daihatsu Engineering & Manufacturing (TDEM) mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan produksi lokal dari mobil hybrid yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2022.

Digadang-gadang mobil tersebut adalah Kijang Innova hybrid. Hal ini diperkuat dengan pernyataan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang mengatakan, Kijang Innova Hybrid akan dibuat di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Namun, ia tidak menjelaskan secara pasti kapan waktu peluncurannya.

Baca juga: Toyota Ingin Buat Teknologi Mobil yang Bisa Dirasakan Masyarakat

“Produksi lokal mobil hybrid Toyota cukup rumit. Misal, proses logistik baterainya saja perlu memperhatikan faktor guncangan, kelembaban, dan lain sebagainya,” ucap Indra, dalam webinar bertajuk ‘Aktifitas Riset Universitas Sebagai Bagian Upaya dalam Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi’, Jumat (21/5/2022).

Toyota Kijang Innova EV ConceptDOK. TAM Toyota Kijang Innova EV Concept

“Itu menjadi proses yang harus kami siapkan dengan hati-hati. Ini era baru bagi Toyota Indonesia. Menyiapkan produk elektrifikasi lokal, diproduksi di dalam negeri,” lanjutnya.

Indra juga menjelaskan, untuk memasang baut baterai mobil hybrid dan mobil listrik saja tidak bisa sembarangan.

“Contoh, selama ini kami menggunakan 12 volt, tiba-tiba disuruh mengerjakan di atas 300 volt ke atas. Di awal semua takut melihat kabel oranye,” ucapnya.

Baca juga: Sensasi Naik Kendaraan Listrik Otonom di Q Big BSD

Ia pun berharap, rencana Toyota untuk menghadirkan mobil hybrid pada akhir tahun bisa segera terlaksana agar konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama.

“Mudah-mudahan tetap seperti rencana kami (akhir tahun),sehingga bisa dinikmati masyarakat Indonesia dalam waktu tidak terlalu lama lagi,” kata Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.