Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknik Tepat Parkir Mundur Mobil Matik

Parkir mobil keadaan mundur menjadi kesulitan tersendiri bagi beberapa pengguna mobil matik. Minimnya kewaspadaan terhadap lingkungan membuat pengguna mobil matik sulit untuk memundurkan mobil dengan tepat.

"Masalah para pengguna mobil matik kebanyakan tidak sadar bahwa yang diinjaknya adalah pedal gas, untuk itu apabila akan melakukan parkir harus tetap waspada, apalagi parkir mundur," Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, baiknya saat parkir menggunakan mobil matik pastikan kaki hanya berada pada pedal rem.

Jika di situasi yang membutuhkan untuk menginjak pedal gas, disarankan untuk menginjak pedal gas secara perlahan.

Seperti mengoperasikan mobil manual, pada saat akan parkir mundur, pengemudi mobil matik harus memastikan terlebih dahulu ruangan untuk parkir.

Pastikan tidak ada halangan yang membahayakan ataupun yang akan mengganggu pada saat kendaraan mundur. Kemudian, mata juga harus awas pada kaca spion.

Pengemudi juga dapat menggunakan teknologi yang ada di kendaraan seperti sensor parkir dan kamera mundur.

"Karena memang blind spot di belakang kendaraan itu besar, anak umur di bawah lima tahun saja bisa tidak terlihat dari spion tengah kendaraan. Jadi saya sarankan pakai sensor parkir atau kamera mundur," kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/22/092100915/teknik-tepat-parkir-mundur-mobil-matik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke